Pilih Daycare atau Nanny? Orang Tua Harus Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Minggu, 09 Juni 2024 - 20:02 WIB
Jasa daycare dan nanny alias pengasuh menjadi pilihan ideal bagi orang tua pekerja yang jauh dari sanak saudara. Namun, tidak sedikit orang tua yang masih bingung antara memakai jasa pengasuh (nanny) atau penitipan anak (daycare). Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Jasa daycare dan nanny alias pengasuh menjadi pilihan ideal bagi orang tua pekerja yang jauh dari sanak saudara. Namun, tidak sedikit orang tua yang masih bingung antara memakai jasa pengasuh (nanny) atau penitipan anak (daycare).

Nah, sebelum memutuskan untuk memilih daycare atau jasa pengasuh, ada baiknya untuk memahami terlebih dulu kekurangan dan kelebihan di antara keduanya.

Dokter Spesialis Anak dr. Mesty Ariotedjo mengatakan, anak-anak yang dititipkan di jasa daycare dalam kurun waktu lebih dari 6 bulan cenderung memiliki kemampuan kognitif dan bahasa yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang dititipkan pada nanny.







“Ternyata anak-anak yang dirawat di daycare center lebih dari 6 bulan dibandingkan yang dirawat di nanny memiliki kemampuan kognitif dan bahasa yang lebih baik di usia 4 setengah tahun,” kata dr.Mesty, melansir dari akun X miliknya, @mestyariotedjo, Minggu (9/6/2024).

“Selain itu juga lebih kooperatif dan menunjukkan perilaku prososial di usia 2 tahun,” lanjutnya.

Dokter lulusan FKUI-RSCM itu mengimbau para orang tua yang memilih jasa nanny untuk lebih sering memantau tumbuh kembang anak. Tidak terkecuali komunikasi anak mereka dengan sang nanny.

“Ayah bunda yang mau pakai nanny harus dipantau dengan baik bagaimana komunikasi nanny dengan anak,” ujarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More