7 Ikan Tinggi Protein untuk Mencegah Stunting, Dukung Tumbuh Kembang Anak Optimal

Minggu, 09 Juni 2024 - 06:00 WIB
loading...
7 Ikan Tinggi Protein untuk Mencegah Stunting, Dukung Tumbuh Kembang Anak Optimal
Ikan tinggi protein bisa membantu mencegah stunting. Salah satu cara efektif untuk mencegah stunting dengan memastikan anak mendapatkan protein yang cukup. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Ikan tinggi protein bisa membantu mencegah stunting. Salah satu cara efektif untuk mencegah stunting adalah dengan memastikan anak mendapatkan asupan protein yang cukup. Protein berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Asupan protein yang cukup sangat penting untuk mencegah stunting dan mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Ikan lokal seperti kembung, teri, gabus, patin, lele, bandeng, dan tongkol adalah sumber protein yang sangat baik dan terjangkau.

Dengan mengonsumsi ikan-ikan ini secara rutin, anak-anak bisa mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Mengintegrasikan ikan tinggi protein ke dalam diet sehari-hari adalah langkah penting dalam memastikan anak mendapatkan asupan gizi yang seimbang dan mencegah masalah kesehatan seperti stunting.

Dukungan dari orang tua dalam menyediakan makanan bergizi sangat berperan dalam memastikan masa depan yang sehat bagi anak-anak mereka. Berikut adalah tujuh ikan tinggi protein yang dapat membantu mencegah stunting dilansir dari Medical News Today, Minggu (9/6/2024).

Ikan Tinggi Protein untuk Mencegah Stunting





1. Ikan Kembung


Ikan kembung kaya akan protein dan omega-3 yang esensial untuk perkembangan otak dan kesehatan jantung. Konsumsi rutin ikan kembung dapat membantu meningkatkan status gizi anak. Vitamin B12 pada ikan ini penting untuk fungsi saraf dan produksi sel darah merah.

Per 100 gram ikan kembung mengandung sekitar 20 gram protein.

2. Ikan Teri


Ikan teri, meskipun kecil, memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, ikan ini kaya akan kalsium dan vitamin yang penting untuk perkembangan tulang dan kesehatan secara keseluruhan.

Vitamin A dan D pada ikan teri baik untuk kesehatan mata dan penyerapan kalsium. Sedangkan kandungan protein ikan teri sekitar 29 gram per 100 gram.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)
pixels