5 Gejala Gerd yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bau Mulut

Rabu, 10 Juli 2024 - 07:00 WIB

2. Rasa Asam



Gejala ini bisa sangat mengganggu dan memengaruhi kualitas hidup seseorang. Rasa asam di mulut pada penderita gerd terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan mencapai mulut. Proses ini disebut regurgitasi, di mana isi lambung yang bersifat asam naik kembali melalui kerongkongan dan masuk ke rongga mulut.

“Yang kedua kerasa ada rasa asam dan pahit, kayak rasa mental gitu di ujung lidah,” jelasnya.



3. Batuk Kronis



Batuk kronis yang berlangsung lebih dari delapan minggu bisa menjadi tanda gerd. Asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa mencapai laring dan faring, menyebabkan iritasi yang memicu batuk. Batuk ini sering kali memburuk saat berbaring atau setelah makan.

“Yang ketiga, batuk nggak sembuh-sembuh. Atau misalkan radang tenggorokan nggak sembuh-sembuh. Itu juga bisa gejala dari gerd,” ujarnya.

4. Cepat Kenyang



Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada lapisan kerongkongan dan lambung. Peradangan ini bisa memengaruhi sinyal kenyang yang dikirim ke otak, menyebabkan rasa kenyang lebih cepat dari biasanya.

“Yang keempat gampang kenyang. Terutama kalau kamu lagi makan all you can eat atau lagi makan daging merah. Itu cepat penuh,” ungkapnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More