10 Ide Menu Sarapan Lezat Bergizi untuk Penderita Gerd, Tak Picu Asam Lambung

Kamis, 09 November 2023 - 09:29 WIB
loading...
10 Ide Menu Sarapan Lezat Bergizi untuk Penderita Gerd, Tak Picu Asam Lambung
Sarapan yang tepat sangat penting untuk memulai hari, terutama bagi penderita gerd. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sarapan yang tepat sangat penting untuk memulai hari, terutama bagi penderita gerd. Dengan memilih menu sarapan yang tepat, dapat mengurangi risiko meningkatnya kadar asam lambung, nyeri dada, mulas, bersendawa, dan sensasi asam pada mulut.

Berikut 10 ide menu sarapan yang lezat dan bergizi untuk penderita gerd.

1. Telur Rebus

Ini merupakan menu praktis apabila tidak punya waktu banyak dalam menyiapkannya. Anda cukup merebus telur di air mendidih dalam beberapa menit saja.

Telur baik dikonsumsi bagi penderita gerd, namun harus diperhatikan cara menyajikan dan jumlah yang dikonsumsi. Hindari telur yang digoreng dengan minyak atau mentega.



Selain direbus, Anda dapat mencoba kreasi baru dengan tambahan sebagai berikut:

1-2 butir telur rebus
1 cangkir teh jahe
1 batang granola ditambahkan di atas telur

2. Yogurt dan Buah

Yogurt merupakan salah satu olahan susu tinggi lemak yang dapat memicu asam lambung. Akan tetapi, sebagian penderita gerd masih bisa mentoleransinya.

Jika tidak mau mengambil risiko, Anda dapat memilih yogurt non-susu sapi seperti yogurt kelapa dan susu almond. Untuk menambah cita rasa, dapat digunakan potongan buah segar sesuai selera dan granola sebagai pemanis alami.

Berikut resepnya:

6 ons yogurt (non-susu sapi atau rendah lemak)
1/4 cangkir buah segar
2 sdm granola

3. Roti Bakar Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik dan tinggi antioksidan. Alpukat juga merupakan buah yang tingkat keasamannya rendah sehingga cocok untuk penderita gerd. Tekstur buah yang lembut dapat membantu lambung untuk mencernanya dengan baik.

Alpukat cocok dikombinasikan dengan roti gandum sebagai menu alternatif untuk sarapan. Dengan menambah roti gandum, maka kebutuhan karbohidrat di pagi hari dapat tercukupi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2453 seconds (0.1#10.140)