Fakta-fakta Kecubung Lebih Bahaya dari Ganja, Pengaruhi Pernapasan dan Jantung

Sabtu, 20 Juli 2024 - 05:01 WIB
“Karena efeknya itu bisa lebih jelas, mulai dari delirium halusinasi, penurunan kesadaran sampai halusinasi, sampai yang sifatnya efek mengganggu jantung maupun pernapasan,” ujar dia.

“Jadi kalau dilihat potensi bahayanya sebetulnya lebih besar kecubung daripada ganja,” katanya lagi.

Sebagai informasi, kecubung atau dikenal juga dengan nama Borrachero, tanaman yang memiliki bunga berbentuk terompet. Oleh karena itu, tanaman ini sering disebut sebagai bunga kecubung atau bunga terompet.

Selain itu, tanaman ini juga menghasilkan buah kecubung yang sering disalahgunakan oleh masyarakat. Buah kecubung memiliki bentuk yang mudah dikenali karena bulat dan berduri.

Konsumsi buah kecubung dapat menyebabkan halusinasi pada orang yang mengonsumsinya karena kandungan senyawa kimia beracun di dalamnya.

Meskipun kerap disalahgunakan sebagai penghilang kesadaran yang dapat menyebabkan halusinasi, buah kecubung tidak termasuk dalam golongan narkoba.



Namun, tanaman ini memiliki efek yang bahkan lebih berbahaya dibandingkan beberapa jenis narkoba.

Tanaman kecubung mengandung senyawa kimia alkaloid seperti atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikholinergik.

Selain itu, kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina dan nikotina.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More