Mengenal Jenis-Jenis Kebaya Indonesia, Punya Ciri Khas Tersendiri

Sabtu, 27 Juli 2024 - 18:12 WIB
Kebaya ini dulu menjadi salah satu pakaian khas wanita bangsawan Betawi. Nama lainnya adalah Kebaya Peranakan, Kebaya Nyonya, atau Kebaya Kerancang.

3. Kebaya Kutubaru

Saat ini, kebaya kutubaru menjadi salah satu jenis kebaya yang paling sering dijumpai di pasaran. Ciri khasnya dapat dilihat dari kain yang menghubungkan lipatan kebaya di kanan dan kiri bagian dada.

Kebaya ini diyakini berasal dari Jawa Tengah. Pada pemakaiannya, pengguna biasa menambahkan aksesori seperti bros di bagian dada untuk menambah kecantikannya.

4. Kebaya Bali

Kemudian ada kebaya Bali. Kebaya ini biasanya dikenakan dengan menambahkan kain selendang yang dililitkan di bagian pinggang.

Menariknya, lilitan selendang tersebut punya makna tersendiri. Penambahan selendang diyakini sebagai simbol pengikat nafsu serta perilaku buruk.

Lebih jauh, kebaya Bali banyak membawa warna-warna cerah dan putih, karena sering digunakan untuk upacara keagamaan. Untuk bawahan, biasa dipadupadankan dengan rok kain atau sejenisnya.



5. Kebaya Sunda

Gaya khas kebaya Sunda adalah tidak memiliki kerah. Sebagai gantinya, kebaya ini punya bentuk leher segi lima yang dikenal dengan istilah Surawe.

Namun, pada perkembangannya mulai ada inovasi berupa penyematan sedikit kerah. Kebaya Sunda biasa dipadukan dengan bawahan seperti kain jarik atau sejenisnya.

Itulah beberapa contoh jenis kebaya Indonesia yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More