10 Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal, Waspada Rasa Gatal

Kamis, 01 Agustus 2024 - 07:00 WIB
Perubahan warna urine juga bisa menjadi indikator penyakit ginjal. Urine akan menjadi lebih gelap atau keruh, dan terkadang terdapat darah dalam urine, yang menyebabkan urine tampak kemerahan atau berwarna kecokelatan.

3. Bengkak di Sekitar Mata, Tangan, dan Kaki



Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik akan mengalami kesulitan dalam mengeluarkan cairan berlebih dari tubuh. Akibatnya, cairan tersebut bisa menumpuk dan menyebabkan pembengkakan (edema) di area mata, tangan, dan kaki.

4. Kelelahan yang Tidak Biasa



Ginjal yang sehat memproduksi hormon erythropoietin yang membantu menghasilkan sel darah merah. Jika ginjal rusak, produksi hormon ini menurun, menyebabkan anemia dan kelelahan yang berlebihan.

5. Rasa Gatal yang Persisten



Penumpukan limbah dalam darah akibat fungsi ginjal yang menurun dapat menyebabkan rasa gatal yang parah. Gatal ini sering kali tidak bisa dihilangkan dengan krim atau lotion.



6. Nafas Pendek



Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, cairan berlebih dapat menumpuk di paru-paru, menyebabkan kesulitan bernapas. Anemia yang terkait dengan penyakit ginjal juga dapat menyebabkan rasa sesak nafas.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More