7 Ciri Ginjal Bermasalah, Salah Satunya Mudah Lelah

Rabu, 07 Agustus 2024 - 07:00 WIB

2. Urine Berwarna Gelap atau Berdarah



Urine yang berwarna gelap, berbusa, atau mengandung darah adalah tanda lain dari masalah ginjal. Urine yang berbusa menunjukkan adanya protein dalam urine, yang dikenal sebagai proteinuria.

Ginjal yang rusak dapat membiarkan darah atau protein bocor ke dalam urine. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti infeksi ginjal, batu ginjal, atau glomerulonefritis.

3. Bengkak pada Kaki, Pergelangan Kaki, atau Tangan



Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, atau tangan adalah tanda retensi cairan yang disebabkan oleh ginjal yang tidak dapat menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh gagal ginjal, sindrom nefrotik, atau penyakit ginjal kronis. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, cairan dapat menumpuk di tubuh, menyebabkan pembengkakan.

4. Kelelahan dan Lemah



Kelelahan yang berlebihan atau merasa lemah sepanjang waktu bisa menjadi tanda ginjal bermasalah. Ini disebabkan oleh penurunan produksi hormon eritropoietin oleh ginjal yang merangsang produksi sel darah merah.

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan anemia, karena tubuh tidak dapat menghasilkan cukup sel darah merah. Anemia dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan.

5. Nyeri di Punggung atau Samping

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More