7 Baju Adat Jokowi saat HUT RI dari Tahun ke Tahun, Mana yang Dipilih untuk 17 Agustus 2024 di IKN?

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 15:01 WIB
Cukup berbeda dengan tahun sebelumnya, baju adat Aceh terdiri dari penutup kepala yang disebut dengan Kupiah Meukeutop, yang terbuat dari teteron berwarna merah, hijau, kuning, dan hitam.

Kemudian, Presiden mengenakan baju yang disebut dengan Bajee, berwarna hitam panjang dilengkapi dengan hiasan sulaman kasab.

3. Baju Adat Klungkung, Bali (2019)

Pada 2019, Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Klungkung dari Bali. Baju adat Klungkung biasanya dikenakan oleh keluarga Raja di Bali untuk menghadiri acara kenegaraan.

Saat memimpin upacara HUT ke-74 RI, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung berwarna hitam dengan motif cokelat, serta bawahan kain dan penutup kepala.

4. Baju Adat Timor Tengah Selatan, NTT (2020)

Pada Upacara Bendera HUT ke-75 RI, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat dari Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Baju adat yang didominasi warna merah dan putih ini memiliki makna yang mendalam.

Warna merah pada baju adat Timor Tengah Selatan melambangkan keberanian laki-laki Nunkolo (daerah di Timor Tengah Selatan).

Kemudian, ada sedikit modifikasi pada motif Kaif berantai Nunkolo berbentuk belah ketupat yang melambangkan sumber air. Sedangkan motif pada bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah berbukit dan berkelok-kelok.

Aksesoris yang digunakan Presiden Jokowi juga memiliki makna tersendiri. Contohnya tas sirih pinang dan kapur, menunjukkan budaya makan sirih pinang sebagai budaya pemersatu, sekaligus melambangkan tanda kasih dan hormat. Kemudian, ikat kepala melambangkan tanda kebesaran Raja.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More