7 Kesederhanaan Paus Fransiskus, Naik Pesawat Komersil hingga Sepatu Lawas

Kamis, 05 September 2024 - 19:33 WIB

4. Jam Tangan Sederhana

Aksesoris yang digunakan Paus Fransiskus ramai diperbincangkan di internet. Salah satunya jam tangan yang dkenakan. Jam tangan analog sederhana berwarna hitam dengan bagian tengahnya yang berwarna putih melekat pada tangannya.

Jam tangan yang diperkirakan bermerek Casio MQ24-7B2 sangat populer karena harganya yang terbilang murah, yakni sekira Rp250 ribu.

5. Menolak tidur di hotel

Selama kunjungannya ke Indonesia, Paus Fransiskus menolak tidur di hotel berbintang sebagai tempat beristirahat. Paus Fransiskus lebih memilih untuk beristirahat di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta Pusat.

6. Mengenakan Sepatu Hitam Lawas

Saat kunjungannya ke Indonesia, Paus Fransiskus berkunjung ke Gereja Katedral Jakarta dan bertemu dengan Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo.

Dirinya mengungkapkan rasa kagum akan kesederhanaan Paus Fransiskus. Pasalnya Paus Fransiskus tampak berbeda dari biasanya. “Biasanya Bapa Suci itu memakai sepatu merah atau putih, tapi kemarin saya lihat sepatunya hitam” ujarnya.

Sepatu lawas yang dikenakannya sebagai bentuk dari pilihan hidup sederhana dan kedisiplinan atas 3 kaul sucinya: taat, selibat dan melarat.



7. Menolak Tasnya Dibawakan dan Naik Kereta

Kesederhanaan Paus Fransiskus tidak hanya dirasakan ketika kunjungannya ke Indonesia. Pasalnya saat Paus Fransiskus akan bertolak ke Brazil, Paus Fransiskus menolak untuk dibawakan tasnya dan lebih memilih untuk membawa tas jinjingnya sendiri sambil bersalaman dengan tokoh-tokoh VIP ketika hendak menaiki tangga menuju pintu jet.

Kesederhanaannya juga sudah tampak ketika Paus Fransiskus masih menjadi Kardinal dan Uskup Agung Buenos Aires di Argentina. Saat itu Paus Fransiskus pernah naik kereta dan menolak untuk tinggal di Istana Uskup Agung. Dirinya lebih memilih untuk tinggal di apartemen dan memasak makanannya sendiri.

MG/Devina
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More