7 Makanan Pengganti Nasi Putih untuk Diet, Sehat dan Mengenyangkan

Senin, 09 September 2024 - 23:00 WIB

5. Oatmeal



Oatmeal dikenal sebagai makanan sarapan yang menyehatkan, tetapi juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang setara dengan nasi. Setiap 100 gram oatmeal matang mengandung sekitar 12 gram karbohidrat. Selain karbohidrat, oatmeal juga kaya akan serat larut (beta-glukan), yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Oatmeal dapat dikonsumsi dalam bentuk bubur dengan tambahan buah-buahan, atau dijadikan bahan dasar untuk roti dan kue yang sehat.

6. Pasta Gandum Utuh



Pasta gandum utuh adalah pilihan karbohidrat kompleks yang sangat baik dan bisa menjadi pengganti nasi. Setiap 100 gram pasta gandum utuh matang mengandung sekitar 25 gram karbohidrat. Pasta gandum utuh juga mengandung serat, vitamin B, zat besi, dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Pasta gandum utuh bisa disajikan dengan saus tomat segar atau minyak zaitun sebagai alternatif nasi dalam hidangan pasta yang sehat.



7. Bulgur



Bulgur adalah biji-bijian yang berasal dari gandum yang telah direbus, dikeringkan, dan kemudian digiling kasar. Bulgur sering digunakan dalam masakan Timur Tengah, seperti tabbouleh. Setiap 100 gram bulgur matang mengandung sekitar 18 gram karbohidrat. Selain karbohidrat, bulgur juga kaya akan serat, vitamin B, dan mineral seperti zat besi dan magnesium.

Bulgur bisa digunakan sebagai pengganti nasi dalam salad atau sebagai bahan dasar dalam berbagai hidanganhangat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More