7 Makanan Pengganti Nasi Putih untuk Diet, Sehat dan Mengenyangkan

Senin, 09 September 2024 - 23:00 WIB

2. Ubi Jalar



Ubi jalar adalah sumber karbohidrat yang kaya nutrisi dan lezat. Dalam 100 gram ubi jalar matang terkandung sekitar 20 gram karbohidrat. Selain karbohidrat, ubi jalar juga mengandung beta-karoten (vitamin A), serat, vitamin C, dan kalium. Rasanya yang manis alami membuatnya cocok untuk digunakan dalam berbagai resep.

Ubi jalar dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dipanggang, direbus, atau dikukus, dan bisa menjadi pengganti nasi yang lebih manis dan bernutrisi.

3. Quinoa



Quinoa adalah biji-bijian yang berasal dari Amerika Selatan dan sering disebut sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang kaya. Setiap 100 gram quinoa matang mengandung sekitar 21 gram karbohidrat. Selain karbohidrat, quinoa juga tinggi protein, serat, serta mengandung semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Quinoa memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang ringan, cocok untuk dijadikan pengganti nasi dalam salad, sup, atau sebagai lauk.



4. Jagung



Jagung adalah sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Setiap 100 gram jagung rebus mengandung sekitar 19 gram karbohidrat. Selain karbohidrat, jagung juga mengandung serat, vitamin C, dan berbagai antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

Jagung bisa dimakan dalam bentuk biji rebus, jagung bakar, atau diolah menjadi bubur jagung dan tortilla. Sebagai makanan yang tinggi karbohidrat, jagung bisa menjadi pengganti nasi yang sehat dan lezat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More