Tumit Sakit saat Bangun Tidur Apakah Gejala Asam Urat?

Jum'at, 13 September 2024 - 09:40 WIB

2. Asam Urat



Asam urat adalah jenis artritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di sendi. Kristal ini terbentuk ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi. Serangan asam urat biasanya ditandai denga nyeri yang hebat, bengkak, dan kemerahan pada sendi, terutama di jempol kaki.

Meskipun lebih sering memengaruhi jempol kaki, serangan asam urat juga bisa memengaruhi sendi lain, termasuk tumit. Namun, rasa nyeri akibat asam urat biasanya disertai dengan pembengkakan dan rasa panas pada sendi yang terkena.

3. Achilles Tendinitis



Tendon Achilles menghubungkan otot betis ke tumit. Achilles tendinitis adalah peradangan pada tendon tersebut, yang dapat menyebabkan nyeri tumit saat bangun tidur.

Kondisi ini sering terjadi akibat aktivitas fisik yang terlalu intens atau penggunaan sepatu yang tidak tepat. Rasa sakitnya bisa muncul di bagian belakang tumit dan sering kali memburuk setelah beristirahat atau ketika pertama kali berjalan.

4. Tarsal Tunnel Syndrome



Kondisi ini mirip dengan sindrom terowongan karpal pada pergelangan tangan, namun terjadi pada pergelangan kaki. Tarsal tunnel syndrome disebabkan oleh kompresi saraf tibialis posterior yang mengakibatkan nyeri, kesemutan, atau sensasi terbakar pada tumit dan telapak kaki. Nyeri biasanya terasa lebih buruk di pagi hari atau setelah beristirahat.



5. Faktor Lainnya

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More