Sakit di Bagian Tumit Gejala Apa? Tak Melulu Asam Urat

Kamis, 19 September 2024 - 11:40 WIB
Sakit di bagian tumit tidak melulu menandakan gejala asam urat. Kondisi ini adalah masalah umum yang bisa dialami siapa saja, baik muda maupun tua. Foto/My Foot Dr
JAKARTA - Sakit di bagian tumit tidak melulu menandakan gejala asam urat . Kondisi ini adalah masalah umum yang bisa dialami siapa saja, baik muda maupun tua.

Meskipun terkadang rasa sakit tersebut bersifat sementara, pada beberapa kasus, sakit di tumit bisa menjadi gejala dari kondisi medis tertentu. Bahkan memerlukan penanganan lebih lanjut.

Berikut adalah penyebab sakit pada tumit dan beberapa kondisi medis yang mungkin terkait dilansir dari Health Line, Kamis (19/9/2024).



Sakit di Bagian Tumit Gejala Apa?





1. Plantar Fasciitis



Salah satu penyebab paling umum dari sakit tumit adalah plantar fasciitis, yaitu peradangan pada jaringan tebal di bagian bawah kaki yang dikenal sebagai plantar fascia. Jaringan ini membentang dari tumit hingga jari-jari kaki, dan berfungsi sebagai penyokong lengkungan kaki.

Jika terlalu tegang atau terlalu sering digunakan, jaringan ini bisa mengalami peradangan, yang mengakibatkan rasa sakit, terutama di bagian tumit. Gejala utama plantar fasciitis adalah nyeri tajam di bagian bawah tumit, terutama setelah bangun tidur atau duduk lama. Nyeri biasanya akan berkurang setelah kaki sedikit digunakan untuk berjalan, namun bisa kembali memburuk setelah aktivitas yang berat.

2. Achilles Tendinitis

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More