5 Makanan dengan Kandungan Mikroplastik Tinggi, Bisa Masuk ke Otak

Selasa, 24 September 2024 - 07:00 WIB
Penelitian tersebut menemukan mikroplastik dalam semua sampel dalam berbagai bentuk, termasuk serat, pelet, film, dan fragmen, dan ukuran mikroplastik ini berkisar antara 0,1 mm hingga 5 mm.

Penelitian lain yang dilakukan pada 2023 menemukan garam merah muda Himalaya yang ditambang dari dalam tanah memiliki jumlah mikroplastik paling banyak, diikuti oleh garam hitam dan garam laut.

2. Teh



Kantong teh merupakan salah satu penyebab utama yang dapat membuat tubuh manusia terpapar mikroplastik. Plastik di dalamnya dapat memakan waktu ratusan tahun untuk terurai di alam, dan ukuran serpihannya dapat berkisar antara 1 µm hingga 5 mm, atau MPs4.

Yang memperburuk keadaan adalah suhu air yang tinggi saat kantong teh dicelupkan ke dalamnya yang dapat menyebabkan pelepasan bahan berbahaya.

Pecinta teh harus berhati-hati saat menggunakan kantong teh karena dapat membuat diri mereka terpapar miliaran partikel plastik, yang banyak di antaranya dapat menyusup ke dalam sel manusia.

3. Nasi



Nasi merupakan makanan pokok dan ini merupakan sesuatu yang juga dapat meningkatkan paparan terhadap mikroplastik. Sebuah studi dari University of Queensland menemukan bahwa untuk setiap setengah cangkir atau 100 gram nasi yang dikonsumsi orang, mereka mengonsumsi 3-4 miligram plastik.

Nasi instan dapat meningkatkan risiko berlipat ganda karena mungkin terdapat 13 miligram mikroplastik per sajian. Penting untuk mencuci beras secara menyeluruh sebelum digunakan untuk mengurangi kontaminasi plastik.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More