3 Tips Minum Kopi untuk Penderita Gerd, Cegah Asam Lambung Naik

Minggu, 13 Oktober 2024 - 22:22 WIB
Kopi yang mengandung kafein diyakini dapat memicu GERD, sehingga sering dihindari para penderitanya. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Tren minum kopi hitam atau americano tengah ramai dilakukan saat diet. Americano diketahui bisa membantu proses penurunan berat badan dan cocok untuk program diet.

Namun, banyak masyarakat khawatir dengan kondisi GERD yang dialami. Kopi yang mengandung kafein diyakini dapat memicu GERD, sehingga sering dihindari para penderitanya.

Melansir Mayo Clinic, Minggu (13/10/2024), penyakit refluks gastroesofageal atau GERD adalah kondisi di mana asam lambung berulang kali mengalir kembali ke dalam saluran yang menghubungkan mulut dan lambung, yang disebut esofagus. Aliran balik ini dikenal sebagai refluks asam dan dapat mengiritasi lapisan esofagus.





Dalam sebuah wawancara untuk jurnal Gastroenterology & HepatologyTrusted Source, Lauren B. Gerson, seorang profesor madya di Universitas Stanford, membahas dampak perubahan gaya hidup terhadap GERD dan mencatat bahwa tidak ada penelitian yang menentukan dampak menghindari kafein terhadap penyakit tersebut.

Namun, Gerson menyarankan agar penderita GERD mencoba mengidentifikasi dan menghilangkan makanan serta minuman yang memicu gejala. Untuk itu, penderita GERD tetap perlu memperhatikan asupan kafein mereka bila hendak menikmati kopi hitam.

Lantas, bagaimana tips meminum kopi untuk para penderita GERD? Berikut tipsnya, melansir Very Well Health, Minggu (13/10/2024).

1. Pilih Kopi Sangrai yang Gelap

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa kopi sangrai gelap mengandung keseimbangan bahan kimia yang menghasilkan lebih sedikit asam lambung daripada sangrai sedang. Sangrai gelap memiliki jumlah senyawa kimia yang disebut NMP yang lebih tinggi. Ia juga memiliki jumlah dua senyawa lain yang lebih rendah yang dikenal sebagai C5HT dan asam klorogenat (CGA).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More