Ingin Bikin Kopi Ala Barista, Berikut Tips dari One Two Cups

Selasa, 15 Oktober 2024 - 22:35 WIB
loading...
Ingin Bikin Kopi Ala...
Penelitian SnapChart pada 2023 menyebutkan jika ternyata 80% dari masyarakat kita adalah penikmat kopi di setiap harinya. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Minum kopi merupakan budaya yang tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Penelitian SnapChart pada 2023 menyebutkan jika ternyata 80% dari masyarakat kita adalah penikmat kopi di setiap harinya.

Namun untuk mendapatkan minuman kopi berkualitas, kita perlu effort besar seperti merogoh kocek yang lebih dalam jika harus membelinya di coffee shop. Nah, agar bisa menikmati secangkir kopi berkualitas, sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri di dalam rumah.

Dengan beberapa peralatan coffee maker, kamu sudah bisa menjadi barista rumahan yang siap menyajikan kopi enak untuk kebutuhan kafeinmu. Selain bisa diminum saat ada di rumah, kamu juga bisa memasukkannya ke dalam tumbler untuk dibawa ke tempat kerja.

Berikut adalah tips dan beberapa alat coffee maker yang perlu dimiliki untuk membuat kopi berkualitas tanpa ampas dengan menggunakan teknik V60:

1. Grinder Manual
Ada beberapa opsi yang bisa dipilih saat membeli kopi, seperti secara biji utuh (whole beans), atau yang sudah digiling (bubuk) ke dalam berbagai tingkat kehalusan. Untuk menjaga kualitas dan aroma kopi bertahan lama, pilihlah kopi yang masih berbentuk biji. Lalu kamu bisa menggilingnya sendiri sesuai kebutuhan dengan menggunakan grinder manual dari One Two Cups.

2. V60 Dripper
Pastikan kamu sudah memiliki filter penyaring kopi V60 sebagai penyangga kertas filter saat ingin menyaring kopi dari ampasnya. Jika belum punya, sebaiknya belilah V60 yang bermaterial keramik untuk menghasilkan seduhan kopi yang konsisten dalam hal rasa dan aroma. Selain bebas BPA dan bahan kimia berbahaya, kelebihan V60 berbahan keramik akan menjaga suhu air panas dengan baik, sehingga menghasilkan ekstraksi yang lebih konsisten.

3. Teko Kopi Gooseneck
Teko dengan desain corong menyerupai leher angsa ini perlu kamu miliki jika ingin menyeduh kopi dengan teknik V60 secara sempurna. Teko ini berfungsi untuk mengalirkan air panas secara stabil dan konsisten ketika menyiram bubuk kopi pada saringan V60. Baca Juga: 10 Jenis Kopi Populer, Mulai Espreso, Cappuccino hingga Affogato
4. Kertas Filter V60
Bentuk V60 terbagi ke dalam dua model. Biasanya ada yang sudah termasuk dengan saringannya, namun jika V60 yang kamu miliki harus menggunakan kertas filter sebagai penyaring kopi, maka ada baiknya membeli untuk persedian sehari-hari agar tetap aman ketika ingin menyeduh kopi dengan teknik V60

5. Cloud Server
Meskipun sifatnya opsional, memiliki pot atau katel khusus drip saat penyangga V60 perlu kamu pertimbangkan. Pilihlah material berbahan kaca atau keramik, ini bertujuan agar proses ekstraksi kopi berjalan secara sempurna, tidak tercampur oleh zat material lainnya yang dapat mempengaruhi cita rasa dan aroma kopi.

One Two Cups memiliki beberapa varian server mulai ukuran 360 ML hingga 800ML dengan yang cukup affordable kamu bisa memiliki cloud server hanya dengan harga mulai Rp45.000-an saja.

Kini kamu tak perlu lagi merogoh kocek setiap hari untuk menikmati kopi ala kafe. Dengan produk-produk dari One Two Cups kamu bisa bebas bikin kopi ala kafe dengan mudah dan tentunya lebih hemat di kantong.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)