Bidik Pasar Kuliner Indonesia, 6 Restoran Korea Populer Ini Siap Ekspansi ke Tanah Air

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 22:42 WIB
Sebanyak 6 restoran Korea hadir di booth Korea Pavilion pada pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2024 untuk mempromosikan menu-menu makanan Korea dengan cita rasa unik dan autentik. Foto/Istimewa
JAKARTA - Kementerian Pertanian dan Kehutanan Korea dan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT Center) berpartisipasi dalam pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) yang diadakan di Jakarta pada 25-27 Oktober 2024. Tujuan mereka adalah untuk memastikan kemungkinan merek waralaba asal Negeri Ginseng memasuki pasar halal di Tanah Air.

Dalam pameran tersebut, sebanyak 6 restoran Korea hadir di booth Korea Pavilion untuk mempromosikan menu-menu makanan Korea dengan cita rasa unik dan autentik. Keenam brand restoran itu dapat berpartisipasi setelah melalui proses seleksi dari aT Center yang cukup panjang.

“Jadi, ada ratusan brand restoran Korea yang mendaftar kepada kami, kemudian kami adakan seleksi berupa interview hingga akhirnya terpilih 6 restoran tersebut,” ungkap Lee Seung Hoon, Chief Representative Korea Agro-Trade Center (aT Center) Jakarta di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (25/10/2024).



“Keenam restoran ini sudah sangat mengetahui kalau pasar makanan Korea memiliki potensi yang sangat tinggi di Indonesia. Kebetulan perusahaan-perusahaan ini juga sudah memiliki target untuk membuka franchise di luar negeri. Jadi mereka tertarik ikut expo ini untuk mendapatkan buyer yang potensial di Indonesia,” lanjut Lee.

Pada kesempatan tersebut, Lee menegaskan bahwa makanan Korea memiliki keunikan tersendiri sehingga dapat bersaing dengan produk dari negara lain seperti China dan Jepang yang cukup banyak di Indonesia.

Selain itu, beberapa makanan Indonesia juga memiliki kesamaan dengan Korea sehingga akan lebih mudah untuk restoran Korea berekspansi ke Indonesia.

“Makanan orang Indonesia itu kan mirip dengan Korea sebenarnya. Jika di Indonesia ada sambal, di Korea ada gochujang untuk cita rasa pedasnya. Hanya, makanan Korea itu kan banyak yang fermentasi dan terbuat dari sayuran, sehingga lebih sehat dibandingkan dengan makanan lain. Kami rasa itu yang menjadi keunggulan dari makanan kami untuk bersaing di pasar Indonesia,” tutur Lee.

Lee menambahkan, saat ini pihaknya tidak memiliki target tertentu dalam keikutsertaan FLEI 2024. Mengingat pameran ini baru diadakan kembali setelah sempat terhenti karena pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia.

“Kalau untuk angka pasti tidak ada, karena ini pameran pertama setelah pandemi COVID-19. Tujuan utama kami adalah memperkenalkan brand restoran ini kepada masyarakat Indonesia sehingga memiliki buyer potensial dan berekspansi di Indonesia. Selain memperkenalkan brand restoran Korea, Korea Pavilion juga menghadirkan beragam aktivitas menarik seperti cooking show dengan para ahli kuliner, talk show brand makanan Korea, dan juga survey berhadiah produk makanan dan minuman Korea," papar Lee.

Pada sesi cooking show, para pengunjung dapat mencoba berbagai menu makanan Korea seperti Tteokbokki, Chicken Gangjong, K-Pop Chicken, Rose Tteokbokki, Bulgogi Quesadilla, dan Chicken Tangsuyuk.

Enam restoran Korea ternama yang hadir dalam FLEI 2024 sudah tidak asing bagi pecinta K-Pop dan K-Drama di Indonesia. Yakni Cravy for Chicken: BY4MFNT Corp, Pizza Maru: Food Zone Co.,LTD, Twozzim: KIYOUNG F&B, Bobaebanjum: BOBAE F&B CO., LTD., Yeok Jeon Halmaek: YEOK JEON FnC Inc., serta Samcheop Bunsik: CGF Co., Ltd.

Seluruh brand tersebut sudah sering tampil dalam beberapa variety show dan juga drama Korea populer. Sebut saja Samcheop Bunsik yang pernah menjadi bagian dari acara Running Man. Kemudian, Kiyoung Chicken yang pernah disantap oleh para member BTS dalam acara BANGTANTV.
(tsa)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More