Apa Penyebab Gondongan? Kenali Gejala dan Pengobatannya

Senin, 28 Oktober 2024 - 20:20 WIB
Obat seperti paracetamol atau ibuprofen dapat dikonsumsi untuk meredakan demam dan nyeri. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika penderita adalah anak-anak.

6. Hindari Makanan dan Minuman Asam



Kandungan asam bisa merangsang kelenjar air liur sehingga menambah rasa nyeri di sekitar pipi. Hindari jus jeruk, cuka, atau makanan asam lainnya.

Pencegahan Gondongan



Cara paling efektif untuk mencegah gondongan adalah dengan vaksinasi. Vaksin gondongan biasanya diberikan dalam bentuk vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella) yang tidak hanya melindungi dari gondongan, tetapi juga campak dan rubella.

Vaksin ini diberikan pada usia anak-anak sebagai langkah pencegahan jangka panjang. Jika gondongan tidak kunjung membaik dalam dua minggu atau disertai gejala lain yang parah seperti nyeri testis pada pria, atau gejala meningitis seperti leher kaku, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Beberapa komplikasi yang bisa terjadi akibat gondongan antara lain peradangan pada otak (ensefalitis), meningitis, atau bahkan kemandulan pada pria jika infeksi menyerang testis.

(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More