Kreator TikTok Berikan Tips Sehat dan Tak Lemas Selama Puasa

Minggu, 03 Mei 2020 - 19:30 WIB
Dion Haryadi, dokter sekaligus kreator yang aktif di TikTok, memberikan berbagai tips sehat dan tidak lemas selama berpuasa. Foto/Dok. TikTok
JAKARTA - Menjalani ibadah puasa terkadang membuat kita merasa lemas dan cepat mengantuk. Untuk mengatasinya, ada berbagai trik yang bisa dilakukan agar kita tetap segar dan sehat selama berpuasa.

Dion Haryadi, dokter sekaligus kreator yang aktif di TikTok, memberikan berbagai tips di akun TikTok-nya yang mungkin dapat kita terapkan, yaitu sebagai berikut.

1. Ciptakan Kebiasaan Baik

Menurut dokter asal Batam itu, bulan puasa adalah waktu yang tepat membangun kebiasaan baik dengan target jelas serta perencanaan yang matang. Contohnya, kurangi konsumsi minuman manis dimulai dengan menurunkan frekuensi minum dari beberapa kali per hari, jadi dua kali per minggu.

2. Jangan Langsung Berbuka Puasa dengan Makanan Berat



Dengan menjalankan puasa, frekuensi makan kita akan otomatis berkurang. Begitu pun dengan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, sehingga berat badan bisa turun. Tapi, yang sering terjadi, saat berbuka, kita langsung makan berat dan banyak. Nah, dr. Dion menyarankan untuk cukup minum air putih serta buah yang tinggi serat dan gula seperti kurma untuk mengembalikan kadar gula darah.

3. Mengatur Porsi Makanan demi Gizi Seimbang

Untuk mendapatkan gizi seimbang yang juga mengenyangkan, bagi piring menjadi enam bagian. Dua bagian untuk karbohidrat; satu bagian untuk sumber protein seperti daging, ikan, ayam, dan lain-lain; dua bagian untuk sayur-sayuran; dan satu bagian untuk buah-buahan.

4. Pilih Menu Sahur dengan Glycemic Index yang Tak Terlalu Tinggi
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More