Murah dan Sehat! Konsumsi Satu Pisang Setiap Hari Bisa Cegah Kanker

Minggu, 19 Oktober 2025 - 11:15 WIB
Mengurangi kanker

Profesor John Mathers, profesor Nutrisi Manusia di Universitas Newcastle, mengatakan: “Kami menemukan bahwa pati resistan mengurangi berbagai jenis kanker hingga lebih dari 60%. Efeknya paling nyata di bagian atas usus.

Pati resisten dapat dikonsumsi sebagai suplemen bubuk dan ditemukan secara alami dalam kacang polong, buncis, gandum, dan makanan bertepung lainnya.

Dosis yang digunakan dalam uji coba ini setara dengan mengonsumsi pisang setiap hari: sebelum pisang menjadi terlalu matang dan lunak, pati dalam pisang akan terurai dan mencapai usus, tempat ia dapat mengubah jenis bakteri yang hidup di sana.

Efek pada Asam Empedu

Pati resistan difermentasi di usus besar, memberi makan bakteri usus yang bermanfaat, sedangkan karbohidrat lainnya dicerna di usus halus.

Profesor Mathers menambahkan: "Kami yakin pati resisten dapat mengurangi perkembangan kanker dengan mengubah metabolisme bakteri dalam asam empedu dan mengurangi jenis asam empedu yang dapat merusak DNA kita dan pada akhirnya menyebabkan kanker. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut."

Profesor Tim Bishop, Sekolah Kedokteran Leeds , mengatakan: “Hasilnya menggembirakan, tetapi besarnya efek perlindungan pada saluran pencernaan bagian atas tidak terduga sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mereplikasi temuan ini.”

Studi jangka Panjang
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!