Cara Sederhana untuk Cegah Kanker Payudara

Senin, 14 September 2020 - 11:01 WIB
Jika ukuran benjolan/massa di payudara terlalu besar sehingga jika dilakukan pembedahan, akan berisiko mengenai bagian vital. Karena itu, dokter terkadang merekomendasikan kemoterapi neoajuvan. Tujuannya mengecilkan ukuran tumor sehingga dapat menekan risiko sebelum dilakukan pembedahan. Terkait tindakan mastektomi, umumnya akan meninggalkan dampak tersendiri.

Secara medis mungkin saja terjadi perdarahan, infeksi, nyeri, pembengkakan pada lengan atau jaringan parut. Secara psikologis, kehilangan payudara membuat citra tubuh berkurang sehingga kepercayaan diri menurun. Hal ini juga berimbas pada menurunnya kepuasan dalam kehidupan seksual. Belum lagi pengaruhnya terhadap penampilan secara estetik.

Menyiasati masalah ini, Knitted Knockers Indonesia dan Indonesia Cancer Care Community (ICCC) serta Kitabisa.com meluncurkan Gerakan 1.000 knockers yang akan diberikan secara gratis kepada para wanita penyintas kanker payudara di Indonesia yang telah menjalani proses mastektomi (pembedahan payudara).

Knockers adalah rajutan berbentuk payudara artifisial (buatan) yang lembut, ringan dan nyaman yang dapat digunakan oleh penyintas kanker payudara pascamastektomi. (Lihat videonya: Peran Ki Gede Sala dalam Berdirinya Kota Solo)

Dr Selvinna, Marketing General Manager One Onco PT Kalbe Farma Tbk, mengatakan, pihaknya berharap dukungan knockers dapat bermanfaat untuk mengembalikan kepercayaan diri para penyintas kanker payudara. (Sri Noviarni)
(ysw)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More