7 Rempah Pengganti Garam, Nikmat dan Menyehatkan

Kamis, 08 Oktober 2020 - 17:40 WIB
Garam sangat dibutuhkan dalam makanan, tapi konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Garam adalah salah satu rempah yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Alasannya lantaran garam meningkatkan rasa hidangan.

Garam juga memperkaya aroma dasar dan rasa bumbu lain yang digunakan. Bagi banyak orang, garam adalah bumbu terpenting yang digunakan dalam makanan.

Tanpa gram, tidak peduli berapa banyak bahan yang ditambahkan ke suatu hidangan, rasanya tidak enak. Meskipun garam sangat dibutuhkan dalam makanan, konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, asupan garam berlebih telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Karena itu, para ahli di seluruh dunia merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan garam tinggi. Makanan cepat saji, khususnya, mengandung garam dalam jumlah yang berlebihan dan karenanya harus dihindari. (Baca juga: 7 Manfaat Jahe, Redakan Flu hingga Turunkan Risiko Kanker )

Ada beberapa bumbu, rempah-rempah, dan bahan lain untuk menambah rasa pada hidangan. Dilansir Times of India, berikut tujuh pengganti garam yang beraroma.



1. Bawang putih

Rasa pedas bawang putih meningkatkan rasa hidangan apa pun yang ditambahkan tanpa meningkatkan kandungan natrium. Jika Anda ingin mengurangi garam, cukup gandakan jumlah bawang putih. Ini efektif terutama dalam saus tomat dan bumbu perendam yang memiliki kandungan garam tinggi di dalamnya. Bawang putih juga memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk meningkatkan kekebalan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan otak.

2. Jus lemon

Jus lemon dan parutan kulit adalah alternatif yang sangat baik untuk garam dalam beberapa resep. Karena ini adalah sumber asam, jus lemon mirip seperti garam dengan menonjolkan rasa hidangan. Di sisi lain, kulit lemon memiliki rasa jeruk yang lebih kuat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More