8 Tips Sehat Buka Puasa, Makan Kurma hingga Protein Tanpa Lemak

Kamis, 07 Mei 2020 - 17:01 WIB
Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang menyediakan begitu banyak nutrisi dalam kalori yang sangat sedikit. Semakin banyak jenis sayur atau buah pada makanan Anda, semakin banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya. Ini juga memberikan rasa kenyang dan memastikan Anda makan lebih sedikit dari biasanya.

5. Pilih karbohidrat yang baik

Makanan berbuka puasa harus mengandung sumber karbohidrat, termasuk nasi merah, pasta gandum, roti, atau kentang. Karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang lebih stabil selain serat dan mineral. (Baca juga: Haruskah Khawatir Saat Anak Tidur dengan Mulut Terbuka? ).

6. Tambahkan protein tanpa lemak

Selama berbuka puasa, Anda harus berusaha mengonsumsi protein berkualitas tinggi yang sangat mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial. Tubuh Anda menggunakan ini untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

Adapun makanan dengan protein berkualitas tinggi yang lengkap, seperti daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan, dan unggas. Pilih protein tanpa lemak untuk mendapatkan manfaat dengan sedikit lemak jenuh.

Sertakan ikan, ayam tanpa kulit atau kalkun dan produk susu rendah lemak sebagai bagian dari makanan berbuka puasa. Jika Anda vegetarian, Anda dapat memilih sumber protein lain seperti kacang-kacangan.

7. Jangan makan berlebih

Jangan terburu-buru menghabiskan makanan Anda. Setelah dilarang makan sepanjang hari, tak seidikit yang menyantap makanan secara berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

Anda bisa buka puasa dengan makanan yang mencakup porsi makanan yang masuk akal. Mengontrol ukuran porsi adalah kunci untuk tetap sehat dan mencegah penambahan berat badan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More