6 Fakta Menarik Seputar Lagu November Rain Milik Guns N Roses

Senin, 02 November 2020 - 01:06 WIB
Banyak fakta di balik lagu November Rain milik Guns N Roses. Lagu ini seakan menjadi lagu wajib yang diputar ketika bulan kesebelas kalender Masehi menyapa. (Florida Politics)
Sejak dirilis sebagai single pada Juni 1992, lagu November Rain telah menjadi salah satu lagu terpopuler Guns N Roses . Hingga saat ini, lagu tersebut merupakan lagu dari era 90an dengan views terbanyak di YouTube. Tercatat, hingga artikel ini dibuat, video musik lagu itu di channel resmi Guns N Roses telah ditonton sebanyak 1,4 miliar kali.

Banyak faktor mengapa lagu sepanjang 8 menit 57 detik itu disukai sampai saat ini. Liriknya yang mendayu dipadu dengan alunan musik rock campur sedikit nuansa orkestra membuatnya terdengar megah. Aksi solo gitar Slash di lagu ini pun cukup fenomenal dan menjadi salah satu aksi solo gitar terfavorit penggemarnya.

Di sisi lain, banyak fakta menarik yang terungkap dari lagu November Rain ini. Lagu ini sebenarnya bukanlah lagu gacoan dari album kedua Guns N Roses (GNR), yaitu Use Your Illussion I, yang dirilis pada September 1991. Lagu ini merupakan single ketiga yang justru meraup sukses di tangga lagu saat itu.

November Rain adalah lagu dengan durasi terpanjang yang pernah masuk Billboard Hot 100 dengan menduduki anak tangga ke-3. Selain itu, video musik lagu ini bahkan menciptakan teori konspirasi terkait cerita yang terkandung di dalamnya. Video musik ini juga merupakan bagian dari trilogi video musik 3 lagu Guns N Roses. Lantas fakta menarik apalagi dari dari lagu ini?

1. Sempat ditolak Slash dan Duff McKagan





Lagu ini memang masuk di album kedua Guns N Roses, Use Your Illusion I. Namun, dalam autobiografinya, gitaris band ini, Slash, menyatakan, lagu itu sudah ada sejak 1986, atau sebelum Appetite for Destruction dirilis—album pertama GNR ini dirilis pada 1987. Lagu itu aslinya berdurasi 18 menit. Laman Wikipedia menyebut, versi itu sempat direkam dalam sebauh sesi GNR bersama gitaris Nazareth, Manny Charlton.

Sementara, menurut vokalis GNR, Axl Rose, para personel band itu sebenarnya enggan merekam lagu tersebut. Slash dan Duff McKagan adalah yang paling vokal menyatakan penolakan mereka terhadap produksi lagu balada ini. Namun, setelah diskusi panjang dengan Axl, mereka akhirnya sepakat untuk merekam album tersebut.

2. Single ketiga album Use Your Illusion I
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More