Lagi Mudah Tersinggung? Waspada, Bisa Jadi Ini Tanda Kadar Gula Darah Anda Tinggi

Selasa, 22 Desember 2020 - 09:36 WIB
Diabetes tipe 2 memiliki beberapa gejala peringatan kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia. Salah satunya mudah tersinggung. Anda harus mewaspadainya. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Resistensi insulin menyebabkan gula yang telah dipecah dari makanan bersirkulasi dalam aliran darah, alih-alih digunakan sebagai bahan bakar oleh sel-sel tubuh. Ini dikenal sebagai diabetes tipe 2 . Diabetes tipe 2 dianggap sebagai penyakit kompleks, segudang faktor berkontribusi terhadap resistensi insulin.

Diabetes tipe 2 terkait dengan diet rendah kalori dari makanan olahan dan junk food. Kondisi ini juga terkait dengan obesitas, tekanan darah tinggi, ketidakaktifan fisik, dan genetik. Perlu dicatat bahwa diabetes tipe 2 tidak terbatas pada orang yang mengalami obesitas atau mereka yang makan makanan yang tidak sehat. (Baca juga: Kopi yang Disaring Membantu Mencegah Diabetes Tipe 2 )

Diabetes tipe 2 memiliki beberapa gejala peringatan kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia. Komunitas Diabetes Global mengidentifikasi empat gejala kadar gula darah tinggi dilansir dari Express, Selasa (22/12).

1. Meningkatnya rasa haus

Gejala ini termasuk merasa sangat haus atau dikenal sebagai polidipsia, yang bisa disertai dengan kekeringan mulut sementara atau berkepanjangan. Rasa haus yang meningkat terus berlanjut meskipun Anda minum dua liter cairan setiap hari. Ini adalah rasa haus yang tak terpuaskan yang tidak bisa dipuaskan dengan minum lebih banyak air.





2. Peningkatan buang air kecil

Menanggapi kadar gula darah tinggi, tubuh berusaha membuang kelebihan glukosa melalui urin. Secara medis, kondisi ini disebut poliuria, peningkatan buang air kecil termasuk buang air kecil dalam jumlah yang sangat banyak. Sering buang air kecil dalam jumlah besar bisa mencapai lebih dari tiga liter dalam sehari.

3. Kelelahan
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More