Gendang Telinga Aura Kasih Bocor, Begini Penjelasan Dokter

Kamis, 14 Januari 2021 - 04:08 WIB
Aura Kasih harus menjalani operasi telinga lantaran gendang telinganya sempat bermasalah karena kegiatan diving dan masalah sinus. Berikut penjelasan dokter. Foto/Instagram.
JAKARTA - Jagad maya sebelumnya dihebohkan dengan berita penyanyi cantik Aura Kasih yang harus menjalani operasi telinga. Wanita yang juga pemain film ini mengaku bahwa gendang telinganya sempat bermasalah karena kegiatan diving yang dilakukannya dan juga memiliki masalah sinus.

Ketika sedang mandi dan tanpa sengaja ait masuk ke dalam telinganya, mendorong ibu satu anak ini untuk menutup hidung dan seolah mencoba untuk mengeluarkannya. Nahasnya, gendang telinganya malah bocor.



"Nah kemarin gara2 mandi trus kena air, lalu aku coba tutup idung trus niup2 gt... eh gendang telinga ku langsung bocor dan terpaksa harus di oprasi karna udah parah banget," tulis pemilik akun @Aurakasih ini di laman Instagramnya. Dia pun harus menjalani masa pemulihan paska operasi selama 10 hari.

Menurut penjelasan dr. Muhammad Ikhwan, Sp.THT-KL dari Primaya Evasari Hospital, gendang telinga pecah atau disebut juga otitis media akut atau kronis. Ini merupakan infeksi pada telinga bagian tengah, tepatnya pada rongga di belakang gendang telinga.



Otitis media sering kali disebabkan karena berbagai hal. Diantaranya Infeksi Saluran Napas Akut ( ISPA) yang berulang, trauma seperti kebiasaan mengorek-ngorek telinga, ataupun barotrauma. Yang disebut terakhir adalah kondisi cidera yang terjadi akibat perubahan tekanan udara secara mendadak dan kerap dialami oleh seorang penyelam atau orang yang rutin bepergian dengan pesawat terbang.

“Sehingga terjadi perubahan mendadak pada telinga tengah,” ujar dr. Ikhwan saat dihubungi Sindonews.



Orang dengan otitis media, mengeluh keluarnya cairan dari telinga. Penderita juga mengalami penurunan pendengaran, sakit kepala, dan sebagainya. Dr. Ikhawan mewanti-wanti untuk tidak melakukan hal yang dilarang saat tengah mengalami ISPA.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More