Percantik Pekarangan Rumah, Ini Tips Membuat Gazebo

Sabtu, 17 April 2021 - 14:35 WIB
foto: doc Sindonews
JAKARTA - Ingin memanfaatkan pekarangan di rumah jadi tempat untuk nongkrong atau sekadar bersantai? Membuat gazebo mungkin bisa jadi pilihan yang layak dipertimbangkan. Gazebo tidak hanya bisa dipakai buat santai, kumpul bersama keluarga, tapi acara lain seperti pesta kecil-kecilan, diskusi dan lain-lain.

Jangan lupa gazebo juga bisa jadi elemen pemanis pekarangan rumah. Membuat gazebo mungil mungkin terlihat mudah dengan bahan-bahan sederhana sisa membangun rumah induk. Padahal tidak semudah yang dibayangkan juga lho. Jadi, baik kiranya bila kita memahami cara membuat gazebo minimalis yang estetis dan mengekspresikan selera sederhana tapi berkelas.

Berikut ini tahapan-tahapannya.

1. Desain

Meski mungil, model gazebo kudu dirancang atau didesain lebih dulu. Menentukan model. Misal gazebo tradisional dibuat dengan unsur alam seperti dominasi batu, kayu, dan bambu. Ada pula model klasik ala Eropa. Semua bergantung selera tentunya. Masuk dalam tahap desain ini adalah pewarnaan.



2. Tentukan Posisi

Gazebo umumnya dibangun di tengah atau sudut pekarangan agar pemilik dapat menikmati pemandangan sekitar secara leluasa. Selain di tengah kita juga dapat menempatkannya pada posisi terluar taman. Posisi ini juga akan memungkinkan kita menikmati seluruh keindahan dan keteduhan pekarangan. Sebaiknya jangan tempatkan gazebo di bawah pohon. Sebab hal ini akan merusak tampilan bangunan secara keseluruhan. Selain itu dari segi keamanan juga kurang.

3. Mengatur Jarak

Mengatur jarak antara gazebo dan rumah sebagai bangunan utama juga harus diperhatikan. Gazebo akan terlihat lebih menarik dan elegan bila jaraknya dari bangunan utama tidak terlalu dekat. Para arsitek kenamaan menyarankan jarak minimal gazebo dengan rumah sebaiknya sejauh 2 meter dari dinding terluar rumah. Tujuannya agar ketika hujan, air yang jatuh dari atap tidak langsung mengenai gazebo.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More