3 Rekomendasi Resep Kolak untuk Buka Puasa Hari Ini

Sabtu, 24 April 2021 - 14:30 WIB
3 Rekomendasi Resep Kolak untuk Buka Puasa Hari Ini. Foto/Tastemade.
JAKARTA - Kolak menjadi takjil pilihan untuk sajian berbuka puasa . Rasanya yang manis, legit dan segar, sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Di luar bulan suci Ramadhan , kolak biasanya disajikan sebagai makanan penutup. Hidangan inijuga mudah dibuatnya yaitu biasanya dengan gula aren atau gula kelapa, santan, dan daun pandan.

Resep kolak memiliki ragam variasi sehingga Anda bisa memilih kolak apa yang ingin Anda konsumsi. Ada kolak pisang, kolak candil, kolak nangka, hingga kolak durian.

Berikut berbagai macam resep kolak yang bisa menjadi rekomendasi takjil hari ini seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/4).







1. Kolak pisang


Bahan:

10 pisang kepok matang

800 ml santan atau 1/2 butir kelapa

150 gram gula aren atau gula merah

65 gram gula pasir

Daun pandan

1 sdt garam

200 ml air

50 gram jahe yang dibakar lalu memarkan

Cara membuat:

Rebus gula aren dengan 200ml air hingga larut, matikan api, kemudian saring dan tuang ke panci. Kemudian tambahkan daun pandan dan garam. Nyalakkan api ukuran sedang lalu masak hingga mendidih. Jika sudah, masukkan pisang, aduk rata hingga pisang berwana kecokelatan kurang lebih selama 2 menit. Kemudian aduk pelan agar pisang tidak hancur.Selanjutnya, tuang santan, gula pasir, dan aduk-aduk hingga mendidih. Saat mengaduk, pastikan santan tidak pecah. Masak dan tunggu hingga matang. Koreksi rasa, matikan api, angkat, dan sajikan.

2. Kolak labu

Bahan:

750 gram labu
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More