Studi: Terdapat Korelasi Antara Vitamin D dengan Penyakit Autoimun

Sabtu, 22 Mei 2021 - 20:42 WIB
Sebagaimana dilansir Eurekalert, Sabtu (22/5), penyakit autoimun dulu dikaitkan dengan metabolisme kalsium, VDR. Sekarang diketahui bahwa vitamin D mentranskripsikan setidaknya 913 gen dan sebagian besar mengontrol respons imun bawaan.

Respons tersebut mengekspresikan sebagian besar peptida antimikroba tubuh. Ini adalah antimikroba alami yang menargetkan bakteri. Profesor Trevor Marshall dari Murdoch University, Australia Barat, berpendapat bahwa tindakan 25-D harus dipertimbangkan dalam kaitannya dengan penelitian terbaru tentang Microbiome Manusia.

Penelitian semacam itu menunjukkan bahwa bakteri jauh lebih menyebar daripada yang diperkirakan sebelumnya. Sebanyak 90% sel dalam tubuh diperkirakan meningkatkan kemungkinan bahwa penyakit autoimun disebabkan oleh patogen persisten.

Marshall dan tim menjelaskan bahwa dengan menonaktifkan VDR, selanjutnya respons imun, 25-D menurunkan peradangan yang disebabkan oleh banyak bakteri ini. Tetapi memungkinkan mereka menyebar lebih mudah dalam jangka panjang.

Mereka menguraikan bagaimana kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh kadar 25-D yang tinggi diakibatkan karena bakteri yang terlibat dalam penyakit autoimun tumbuh sangat lambat.

Misalnya, insiden yang lebih tinggi pada lesi otak, alergi, dan atopi sebagai respons terhadap suplementasi vitamin Selain itu, kadar 25-D yang rendah sering ditemukan pada pasien dengan penyakit autoimun. Intinya defisiensi sekosteroid dapat berkontribusi pada proses penyakit autoimun.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!