Benarkah Ada Herbal yang Bisa Mencegah Covid-19?

Selasa, 25 Mei 2021 - 08:27 WIB
Belum lama ini beredar pesan berantai melalui WA yang menyebarkan daftar obat-obatan dan bahan-bahan herbal yang diklaim dapat mencegah Covid-19. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Belum lama ini beredar pesan berantai melaluiaplikasi kirim pesan WhatsApp yang menyebarkan daftar obat-obatan dan bahan-bahan herbal yang diklaim dapat mencegah Covid-19. Tak hanya itu, kabar tersebut juga beredar beserta takaran minum dan cara pengolahannya.



Tentunya kabar tersebut menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat. Banyak masyarakat yang antusias dengan pesan tersebut di tengah meningkatnya kasus positif Covid-19 di Tanah Air. Lantas apakah kabar yang beredar tersebut benar?

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Selasa (25/5), faktanya informasi yang beredar tersebut tidaklah benar. Melansir dari laman organisasi kesehatan dunia (WHO), hingga saat ini WHO tidak menyarankan penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat mencegah seseorang terjangkit Covid-19.

Hal yang sama juga berlaku dengan herbal. Hingga saat ini penggunaan herbal, seperti jahe belum memiliki bukti ilmiah dapat mencegah Covid-19. Dengan demikian, pesan berantai melalui Whatsapp yang menunjukkan daftar obat-obatan dan bahan-bahan herbal yang dapat mencegah Covid-19 tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.





Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.
(nug)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More