Belajar dari Zaskia Adya Mecca, Begini Tips Merawat Anak Positif Covid-19

Rabu, 16 Juni 2021 - 09:30 WIB
Seperti yang dilakukan Zaskia Adya Mecca, dia memisahkan ruangan perawatan anak-anak positif Covid-19 dengan anggota keluarga yang sehat. Ini penting sekali agar transmisi virus terkendali dan meminimalisir risiko penyebaran yang lebih luas di rumah.

Bisa dilihat juga di Instagram, kamar perawatan anak-anak Zaskia memiliki ventilasi yang baik dan pencahayaan matahari langsung bisa masuk. Ini penting karena sirkulasi udara yang baik dan masuknya sinar matahari ke kamar akan mengurangi penyebaran virus.

3. Tetap terkoneksi

Saat si kecil positif Covid-19, maka usahakan Anda ada untuk mereka 24 jam. Meski tidak bisa bertemu langsung, sarana seperti video call bisa menjadi pilihan yang lumayan membantu.

Ketika si kecil menghubungi Anda melalui ponsel, maka sediakan waktu sepenuhnya untuk dia. Kesampingkan dulu urusan lain dan dengan dukungan psikologis seperti ini, anak akan merasa lebih senang karena orangtuanya ada di sampingnya.

Penting juga bagi orangtua memberikan kalimat-kalimat penyemangat serta positif ke anak. Jangan lontarkan kalimat buruk atau bernada keras karena ini akan membuat si anak stres dan berpengaruh pada percepatan kesembuhannya.

"Penting bagi Anda tidak meninggalkan anak-anak dalam keadaan tertekan. Jangan lupa untuk tanyakan keadaan si kecil. Ingatkan ke dia kalau Anda itu peduli dan akan selalu ada jika si kecil butuh teman curhat," menurut laman UNICEF.

4. Pastikan asupan makanan bergizi dan cukup

Proses penyembuhan Covid-19 tidak hanya terletak di obat-obatan yang dikonsumsi, tetapi juga bagaimana asupan makanan yang dikonsumsi si kecil. Semakin bergizi dan tercukupi makanan mereka, maka imunitas tubuh juga akan semakin kuat.

Agar lebih meyakinkan, Anda boleh berkonsultasi dengan dokter gizi atau dokter anak mengenai menu makanan supaya imunitas si kecil cepat naik. Pastikan juga anak-anak tidak mengonsumsi makanan yang tidak sehat di masa penyembuhannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More