5 Langkah Mudah Menjaga Tubuh Tetap Sehat Usai Perayaan Lebaran

Selasa, 26 Mei 2020 - 20:21 WIB
5 langkah menjaga tubuh tetap sehat usai perayaan lebaran. Foto: Ilustrasi/Owen Price/Istockphoto.com
JAKARTA - Berbagai jenis makanan seperti opor, rendang, sayur pepaya, sambal goreng kentang hingga ketupat jadi makanan yang biasanya hadir saat Idul Fitri atau Lebaran. Selain itu, biasanya tersedua juga berbagai hidangan kue kering.

Tersedia juga beragam pilihan minuman manis agar perayaan lebaran semakin semarak. Meski nikmat, hidangan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini tidak lain karena makanan dan minuman tersebut umumnya tinggi lemak, manis dan asin serta tinggi kalori.

Akibatnya, berbagai penyakit kronik umumnya cenderung akan kambuh setelah Lebaran. Sementara, mereka yang mengalami obesitas dan sudah mengalami penurunan berat badan karena puasa, berisiko tinggi mengalami kenaikan berat badan.



Karena itu, penting untuk mempertahankan dan menjaga kesehatan setelah perayaan lebaran. Berikut 5langkah mudah terbaik untuk kembali sehat setelah lebaran seperti dilansir dari Doctor NDTV.



1. Berikan waktu pada tubuh Anda untuk pulih dari konsumsi gula dan garam

Perayaan Lebaran terdiri dari makanan tinggi gula dan garam. Karena itu, perlu menekan tombol reset dan membiarkan tubuh Anda membuang kelebihan garam dan gula. Untuk ini, kurangi asupan gula dan garam selama minimal 3 hari.

2. Mengonsumsi sayuran

Setelah Lebaran, kurangi konsumsi daging dan konsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Coba jadikan makanan ini bagian terbesar dari diet Anda. Ini bertujuan untuk menambahkan makanan yang lebih bersih ke dalam diet dengan nilai gizi yang lebih tinggi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More