WHO Peringatkan Dunia Masuk Tahap Awal Gelombang Ketiga Covid-19

Jum'at, 16 Juli 2021 - 07:09 WIB
WHO Peringatkan Dunia Masuk Tahap Awal Gelombang Ketiga Covid-19. Foto/Hindustan Times.
JAKARTA - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan dunia yang sudah memasuki tahap awal gelombang ketiga Covid-19 .

"Sayangnya kita sekarang berada di tahap awal gelombang ketiga", kata Tedros dilansir dari Hindustan Times, Jumat (16/7).

Penyebaran varian Delta , bersama dengan peningkatan mobilitas sosial dan penerapan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang tidak konsisten, mendorong peningkatan jumlah kasus dan kematian.



"Varian Delta sekarang ada di lebih dari 111 negara dan kami prediksi itu akan segera menjadi strain Covid-19 dominan yang beredar di seluruh dunia," jelas Tedros.



"Penyebaran varian Delta ini didorong oleh peningkatan mobilitas sosial dan inkonsistensi dalam penggunaan langkah-langkah kesehatan masyarakat dan sosial," sambungnya.

Menurut Tedros, kasus dan kematian Covid-19 menurun untuk sementara waktu karena meningkatnya tingkat vaksinasi di Eropa dan Amerika Utara, tetapi tren global kini telah berbalik dan kasus meningkat lagi.



Minggu terakhir lalu menjadi yang keempat berturut-turut peningkatan kasus di semua, kecuali satu dari enam wilayah WHO. Kematian juga meningkat lagi, setelah 10 minggu terus menurun.
(dra)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More