Musim Hujan Bisa Menjadi Masalah Bagi Panderita Diabetes

Kamis, 12 Agustus 2021 - 06:37 WIB
Musim Hujan Bisa Menjadi Masalah Bagi Panderita Diabetes. Foto/istimewa.
JAKARTA - Perawatan kesehatan di musim hujan penting bagi semua orang, terutama bagi penderita diabetes lantaran mereka lebih rentan terhadap masalah kesehatan . Bagi orang-orang yang hidup dengan diabetes , musim hujan adalah musim di mana mereka harus sangat berhati-hati.

Meski tampak menyenangkan, musim hujan membawa banyak kuman, infeksi, dan masalah kesehatan lainnya. Selama musim ini, pasien diabetes rentan terhadap berbagai jenis infeksi, yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh mereka.

Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mereka secara keseluruhan. Oleh karena itu, penderita diabetes perlu lebih berhati-hati. Berikut tips agar tetap sehat selama musim hujan untuk penderita diabetes dilansir dari Healthshots, Selasa (10/8).



1. Perawatan kaki



Diabetes bisa berbahaya bagi kaki Anda. Bahkan luka kecil dapat menyebabkan konsekuensi serius. Gula darah tinggi berkontribusi pada sirkulasi darah yang buruk dan ini bisa merusak saraf di kaki Anda. Ini adalah kondisi yang disebut neuropati. Oleh karena itu, penderita diabetes harus mengambil tindakan pencegahan ekstra.

Seperti halnya menjaga agar kaki tetap bersih dan kering terutama setelah terkena hujan, jangan gunakan alas kaki keras, pastikan alas kaki terbuat dari bahan yang nyaman, jangan berjalan tanpa alas kaki. Anda juga bisa memijat kaki dan jari kaki dan periksa kaki setiap hari apakah ada luka.

2. Makan makanan sehat

Selama musim ini, pasien diabetes harus berhati - hati tentang apa yang mereka makan dan minum. Pastikan Anda hanya makan makanan rumahan. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan kebersihan, kualitas, dan nilai gizi makanan Anda. Penting juga makan makanan yang meningkatkan kekebalan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More