Kandungan Aktif Bahan Alam Berpotensi dalam Adjuvant Therapy Pasien Covid-19

Jum'at, 03 September 2021 - 18:48 WIB
Sementara daun kelor, pada molecular docking memiliki 4 komponen zat aktif kaempferol (A), pterygospermin (B), morphine (C), dan quercetin (D) menghambat energi pada target obat virus Covid-19 Mpro (Main protease) (3CLpro) dan RdRp (RNA- dependent RNA polymerase) (nsp12).

Pada kesempatan yang sama, dr. M. Arifin Nawas memaparkan Rafa Khomsah sebagai polyherbal yang mengandung ekstrak jinten hitam, meniran, temulawak, daun jambu biji dan beras merah sebagai super poten antioksidan untuk meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan fungsi hati pada pasien Covid-19.

Dalam pemaparan materinya, dr. Arifin mengatakan, Rafa Khomsah mengandung sumber vitamin serupa vitamin C dari jambu merah dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, mengandung zinc serta sebagai antiinflamasi dari jintan hitam, kandungan kurkumin dalam temulawak sebagai hepatoprotektor dan dapat meningkatkan nafsu makan.



Kesimpulan dari sesi ini adalah kandungan aktif yang berasal dari bahan alam sangat berpotensi dalam adjuvant terapy pada pasien Covid-19 dengan derajat sedang, kandungannya satu sama lain saling bersinergi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjadikan tubuh lebih prima.
(nug)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More