Tanda Diabetes, Mulut Kering Gejala yang Perlu Diwaspadai

Senin, 06 September 2021 - 17:53 WIB
Tanda Diabetes, Mulut Kering Gejala yang Perlu Diwaspadai. Foto/Times of India.
JAKARTA - Mulut kering bisa menjadi tanda diabetes yang perlu diwaspadai. Kebanyakan orang menyadari tanda dan gejala penyakit ini, tetapi beberapa orang tidak menunjukkan gejala sama sekali, sehingga kondisi ini tidak terdeteksi.

Beberapa gejala umum diabetes termasuk rasa lapar yang berlebihan, sering buang air kecil, lekas marah dan kelelahan. Namun, mulut kering menjadi salah satu tanda diabetes yang membuat kondisi ini tidak terdeteksi.

Gula darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut . Jadi, jika menderita diabetes, Anda mungkin mengalami beberapa masalah gigi dan penyakit gusi . Berikut tanda diabetes di mulut yang perlu diwaspadai dilansir dari Times of India, Senin (6/9).



Mulut kering



Mulut kering adalah salah satu tanda pertama diabetes tipe 2, yang dikenal sebagai xerostomia. Diabetes dapat menyebabkan kurangnya air liur di mulut, yang dapat membuat Anda merasa kering dan ekstra haus. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa sakit, bisul, infeksi dan kerusakan gigi jika diabetes tidak dikendalikan.

Penyakit gusi

Apakah gigi atau gusi Anda berdarah saat menyikat atau menggunakan benang gigi? Ini bisa menjadi tanda awal penyakit gusi. Diabetes dapat membuat gusi berdarah dan membengkak, yang dikenal sebagai gingivitis. Jika tidak diobati tepat waktu, dapat menyebabkan infeksi yang lebih serius yang disebut periodontitis dan menghancurkan jaringan lunak dan tulang yang menopang gigi.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More