Diabetes Tipe 2, Makanan Bergizi Ini Bikin Gula Darah Tinggi

Rabu, 08 September 2021 - 07:31 WIB
Diabetes Tipe 2, Makanan Bergizi Ini Bikin Gula Darah Tinggi. Foto/Express.
JAKARTA - Diabetes tipe 2 bisa disebabkan oleh makanan bergizi yang sering dikonsumsi sehingga gula darah tinggi . Makanan tersebut adalah nasi yang dianggap sebagai makanan pokok di lebih dari setengah populasi dunia.

Dilansir dari Express, Rabu (8/9/2021) penelitian di Harvard School of Public Health mengevaluasi apakah makanan tersebut dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Untuk penelitian ini, para peneliti menggunakan kumpulan data yang berkaitan dengan kebiasaan diet 325.000 orang dari Jepang, Cina, AS, dan Australia. Diet dipantau selama periode tindak lanjut 22 tahun.

Temuan mengungkapkan bahwa mengonsumsi 5,6 ons nasi dikaitkan dengan risiko 11% lebih tinggi terkena diabetes .





Temuan ini menggemakan penelitian sebelumnya yang diterbitkan dalam British Medical Journal, yang menemukan bahwa orang yang makan nasi putih mengalami peningkatan 27% dalam risiko diabetes tipe 2.

Nasi putih mendapat skor tinggi pada indeks glikemik, yang menyebabkan gula darah melonjak. Temuan ini sangat kontras dengan saran NHS bahwa individu dengan diabetes harus terus makan pasta, nasi dan roti sebagai makanan pokok mereka.

Nasi merah terkadang dianjurkan untuk pasien diabetes karena serat yang tinggi. Emma Elvin, penasehat klinis senior di Diabetes UK, menyarankan beralih ke makanan tinggi serat seperti nasi merah, roti gandum dan sereal, buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, gandum dan barley.

"Serat membuat Anda kenyang, membantu menjaga glukosa darah tetap terkendali dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat, semuanya akan membantu menurunkan berat badan," jelas Elvin.

(dra)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More