Peduli Masa Depan Bangsa, Ray Wagiu Dukung Hak Laktasi Ibu di Tempat Kerja

Selasa, 05 Oktober 2021 - 11:22 WIB
Selain aktif menjalankan program-program HCC, Dr Ray Wagiu Basrowi juga rutin menggelar program edukasi kesehatan pekerja dan nutrisi melalui media sosial. / Foto: ist
JAKARTA - Menjadi seorang dokter merupakan cita-cita banyak orang, salah satunya Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK. Dia memiliki impian menjadi dokter sejak masa SMP.

Meskipun begitu, pilihan sebagai dokter di bidang kedokteran komunitas dan nutrisi, sudah dia tentukan sejak SMA. Di masa sekolah atas itu, Ray aktif menjadi pendamping dan relawan beberapa program kesehatan masyarakat melalui LSM daerah.

Keinginannya menjadi dokter komunitas dan nutrisi semakin besar sejak bergabung bersama Yayasan PEKA dan beberapa LSM Sulawesi Utara di bidang kesehatan masyarakat jaringan USAID serta sebagai relawan PMI daerah.

Memiliki ayah seorang apoteker, membuat Dr Ray tak asing dengan dunia farmasi. Pada 1995, Dr Ray masuk Universitas Sam Ratulangi melalui fasilitas program tumou tou atau jalur prestasi.





"Selama pendidikan kedokteran, pernah aktif menjadi reporter dan host program kesehatan di TVRI Manado dan Smart FM Manado sejak 2000. Juga sempat jadi reporter kesehatan dan pem

Hasil penelitian disertasinya itu dipublikasikan di sejumlah jurnal ilmiah internasional kredibel yang bereputasi global dan terindeks Scopus, di antaranya 'Developing of Workplace Promotion Model in Indonesia using Delphi Technique' dipublikasikan di Archives of Public Health BMC tahun 2018 dan review tentang 'Challenges and Supports of Breastfeeding at Workplace in Indonesia' yang dipublikasikan di PGHN Journal Korea.

Usai lulus S3, pada Juni 2019, Ray Wagiu Basrowi mendirikan Health Collaborative Center (HCC) sebagai wadah promosi dan advokasi kesehatan nonprofit di Indonesia dalam bidang kesehatan masyarakat dan kedokteran komunitas. HCC berfokus pada kajian ilmiah, riset, edukasi dan promosi kesehatan di bidang nutrisi, kesehatan kerja, kesehatan ibu dan anak serta kedokteran komunitas.

Melalui HCC ini pula, Dr Ray menjangkau kaum milenial melalui media sosial dengan menginisiasi tagar #SehatIndonesia. Selain aktif menjalankan program-program HCC, Dr Ray juga rutin menggelar program edukasi kesehatan pekerja dan nutrisi melalui Instagram Live di akun Instagramnya @ray.w.basrowi.

Setelah mendirikan HCC, Dr Ray bergabung dengan Danone Indonesia pada 2020. Hingga saat ini ia menjabat sebagai Medical & Science Affairs Director Danone Indonesia.
(nug)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More