4 Makanan Penurun Kolesterol Jahat hingga 40%, Ampuh dalam Beberapa Minggu

Jum'at, 17 Desember 2021 - 07:40 WIB
Beberapa makanan terbukti menurunkan kolesterol jahat hingga lebih dari 40%. Menggabungkan empat makanan dapat menurunkan kolesterol dalam hitungan minggu. Foto/Healthline.
JAKARTA - Beberapa makanan terbukti menurunkan kolesterol jahat hingga lebih dari 40%. Menurut satu studi kasus, menggabungkan empat makanan dapat menurunkan kolesterol jahat dalam hitungan minggu.

Dilansir dari Express, Jumat (17/12/2021) penelitian di masa lalu telah menunjukkan bahwa menggabungkan makanan tertentu dapat memiliki hasil yang setara dengan statin. Salah satunya, dipimpin oleh dokter Scott Harding dari King's College menemukan bahwa menggabungkan gandum, almond, kedelai dan sterol, dapat secara signifikan menurunkan kolesterol jahat.

Sampel 42 orang dengan kolesterol tinggi ikut serta dalam penyelidikan. Peserta secara acak dibagi menjadi tiga kelompok, dengan masing-masing kelompok diminta untuk membuat satu perubahan pola makan.

Salah satu kelompok diminta untuk memasukkan 75 gram oat ke dalam asupan makanan harian mereka, sementara kelompok lain harus memasukkan 65 gram almond. Kelompok ketiga hanya diminta untuk mengurangi makanan yang mengandung kolesterol, dengan fokus mengganti lemak hewani jenuh, dengan yang nabati.

Dokter Michael Mosley, yang ikut serta dalam percobaan, mengikuti diet terpisah yang dibuat oleh dokter David JA Jenkins pada 2002. Diet tersebut memasukkan empat perubahan diet penghilang kolesterol utama, yang ditemukan secara individual telah menurunkan kolesterol, menurut BBC.





Diet PortFolio terdiri dari gandum, almond, kedelai, dan sterol nabati, yang semuanya memiliki mekanisme berbeda yang terbukti mengurangi kolesterol jahat. Oat mencegah kolesterol diserap kembali ke dalam usus dan memiliki manfaat lain yang diketahui untuk lipid darah, sementara kedelai telah terbukti menghambat sintesis kolesterol di hati.

Sterol tumbuhan memblokir kolesterol dengan berlomba melawannya untuk diserap, dan almond mengandung sterol tumbuhan alami. Kacang-kacangan, minyak sayur, sereal, dan biji-bijian adalah sumber sterol yang baik.

Hasil Dokter Mosley sangat signifikan, dengan para peneliti menggambarkannya sebagai setara dengan statin. Setelah empat minggu menjalani diet PortFolio, kolesterol total Dr Mosley turun 25%, sementara kolesterol jahat turun 33%.

Hasil dari eksperimen kelompok juga membuahkan hasil yang positif. Kelompok gandum mengalami penurunan rata-rata kolesterol jahat sebesar 9%, tetapi kelompok almond tampaknya tidak menunjukkan efek keseluruhan pada kolesterol.

Kelompok yang diminta untuk menurunkan asupan makanan yang mengandung kolesterol mengalami penurunan rata-rata 11% kolesterol total dan penurunan kolesterol jahat yang lebih besar, yaitu 13%.

(dra)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More