Sambut Hari Ibu, Yuk Dukung Para Bunda Berikan ASI Berkualitas untuk Bayi

Rabu, 22 Desember 2021 - 23:15 WIB
ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Foto/Baby Delight
JAKARTA - Momentum Hari Ibu yang diperingati pada 22 Desember menjadi bagian penting bagi para ibu di Indonesia, khususnya kepada ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya. Seperti diketahui, Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber makanan terbaik bagi bayi

Praktisi kesehatan, dr.Boy Abidin, Sp.OG, menjelaskan ASI ini merupakan sumber asupan nutrisi penting untuk perkembangan bayi. Ia mengatakan dengan diberikannya asupan ASI ini maka bisa membuat bayi tumbuh sehat dan cerdas. Selain itu, ASI dapat pula melindungi bayi dari kuman serta dapat mencegah diare dan malnutrisi.

“Di dalam ASI itu terkandung asam lemak yang bermanfaat bagi perkembangan otak, dan juga membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada bayi,” jelas dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan.

Dalam kesempatan tersebut, Boy turut pula menjelaskan peranan penting DHA terhadap perkembangan otak bayi. Ia menganjurkan kepada setiap ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak esensial.





“Asam lemak rantai panjang yang paling banyak didapatkan dalam fosfolipid otak adalah AA dan DHA. Sementara DHA itu dapat diperoleh dari makanan karena tubuh manusia tidak dapat membuatnya sendiri,” jelas Boy yang juga berprofesi sebagai konsultan fertilitas endokrinologi reproduksi ini.



(ki-ka) Jamilatus Sadiyah, dr.Boy Abidin, Sp.OG danYurita Tjahaja.

Boy mengatakan sumber makanan yang banyak mengandung asam lemak esensial adalah minyak kanola, minyak kenari, sayuran berdaun hijau, minyak ikan, serta ikan kembung, salmon, tuna, dan sarden. “Bagi ibu hamil juga bisa mendapatkan DHA ini dari suplemen khusus untuk ibu hamil yang kaya DHA,” ujarnya pada launching produk Lancar ASI Plus DHA di Jakarta, Rabu (22/12)..
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More