Agar ASI Cukup Nutrisi, Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Menyusui!

Senin, 16 Agustus 2021 - 11:00 WIB
loading...
Agar ASI Cukup Nutrisi, Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Menyusui!
Foto ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mendapatkan Air Susu Ibu alias ASI adalah hak semua bayi. Pemberian ASI tak hanya baik untuk bayi, tetapi juga bagi ibu yang menyusui.American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi. Pada usia 6 bulan, orang tua dapat terus memberikan ASI bersama dengan makanan pendamping sampai satu tahun, atau sampai dua tahun.

Bagi bayi ASI sangat bermanfaat untu mengurangi risiko asma, mengurangi insiden infeksi telinga, mendukung sistem kekebalan yang kuat. Sedangkan manfaat bagi ibu adalahmengurangi risiko terkena kanker payudara atau tekanan darah tinggi

Agar ASI lancar, asupan makanan ibu sangat berpengaruh. Pada dasarnya tidak ada makanan ajaib yang pasti akan meningkatkan suplai ASI dan juga tidak ada makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui. Tetapi tingkat nutrisi tertentu seperti vitamin dan asam lemak yang ditemukan dalam ASI dapat dipengaruhi oleh apa yang ibu makan. Berikut ini adalah enam makanan yang penuh engan nutrisi ramah laktasi dan harus menjadi bagian utama dari setiap diet menyusui seperti dilansir laman Verywell Health:

Baca Juga : Berat Badan Gampang Naik Memasuki Usia 40an, Ini 5 Penyebabnya!

1. Daging Ayam

Ayam dikenal sebagai sumber protein serbaguna yang disukai banyak orang. Namun daging ini juga kaya nutrisi yang ramah menyusui.Satu porsi atau setara 3,5 ons daging ayam panggang gelap mengandung 0,32 mikrogram vitamin B12,3 atau 11% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk wanita yang sedang menyusui. Asupan ibu dan status nutrisi utama ini memengaruhi tingkat yang ditemukan dalam ASI. Jadi, jika seorang ibu tidak cukup mengonsumsi nutrisi ini, ASI mungkin mengandung kadar yang tidak mencukupi juga.

Ayam juga mengandung kolin, nutrisi yang penting untuk perkembangan otak bayi.5 Selain itu, pada anak kecil, kekurangan kolin dapat menyebabkan pengerdilan, yang menunjukkan bahwa jumlah kolin yang cukup dalam ASI mungkin diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat.6. Dada ayam tanpa kulit panggang 3,5 ons adalah sumber kolin yang baik, menyediakan 85 miligram per porsi,7 atau sekitar 15% dari kebutuhan harian untuk wanita menyusui.

2. Protein dari Susu

Protein dari susu seperti whey, kasein, dan isolat serta konsentrat protein susu menghadirkan sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memenuhi tuntutan baru menjadi ibu.

Penelitian baru mengatakan minum susu tidak terkait dengan kolesterol tinggi.Menurut Pedoman Diet terbaru untuk orang Amerika, ibu menyusui membutuhkan dua hingga tiga porsi, atau setidaknya 65 gram, protein per hari.8 Meskipun kedengarannya sederhana, antara menyusui bayi dan kurang tidur, beberapa ibu baru mungkin kesulitan. untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)