Tips Memasak Steak yang Sempurna hingga Gigitan Terakhir

Kamis, 11 Juni 2020 - 14:06 WIB
Membuat steak yang sempurna tidak mudah karena harus matang secara merata dan gigitan terakhir steak akan sama baiknya dengan yang pertama. Lantas bagaimana caranya? Foto/Istimewa.
JAKARTA - Steak yang sempurna memadukan lapisan kulit yang beraroma tajam dengan pusat tender yang dimasak secara merata. Ini membuat gigitan terakhir steak akan sama baiknya dengan yang pertama. Lantas bagaimana cara membuat steak yang sempurna?

Caranya bakar steak di oven. Steak dimasak pada suhu tinggi. Jadi, sangat penting untuk memilih potongan yang tidak akan mongering, setidaknya tebal daging harus 1 inci dengan marmer yang bagus.

Dilansir Mashed, jenis daging yang bisa digunakan pun beragam, seperti ribeye, strip steak, atau sirloin. Chicago Steak Company, The Kitchn dan Delish menyarankan untuk mengambil steak dari kulkas 30 menit sebelum dimasak untuk membawanya ke suhu kamar.



Cara ini dipercaya dapat membuat steak akan matang lebih merata dan membuat lapisan kulit yang sempurna karena akan meningkatkan panas lebih dekat ke suhu akhir. (Baca juga: Ingin Makanan Berkuah? Cobalah Tom Yum dengan Kuah Santan ).

Sebelum memasak steak, pastikan telah melumuri daging dengan garam di kedua sisi, setidaknya 40 menit sebelum dimasak atau malam sebelumnya, jika memungkinkan.

Selanjutnya, bakar steak, dua menit setiap sisi dalam wajan besi panas yang sudah diolesi minyak atau lainnya yang bisa digunakan dalam oven. Pastikan tidak menggunakan mentega saat Anda membakar. Tambahkan sedikit mentega di atas steak untuk memberikan rasa dan tekstur steak yang sempurna.

Kemudian, tempatkan wajan dalam oven yang sudah dipanaskan hingga 400 derajat. Dengan termometer daging sebagai panduan Anda, masak steak dengan suhu mulai dari 120 derajat Fahrenheit hingga 160 derajat Fahrenheit. Pada titik ini, steak sudah matang tetapi belum matang betul.

Biarkan steak selama tujuh menit di atas talenan bersih. Ini memungkinkan jus mendistribusikan ulang secara merata.
(tdy)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More