Mengerikan, Mata Pria Ini Dipenuhi Lusinan Belatung usai Berkebun

Sabtu, 16 April 2022 - 21:10 WIB
Seorang pria berusia 53 tahun memiliki lebih dari selusin belatung di matanya setelah berkebun. Pria itu datang ke unit gawat darurat dengan gatal di mata. Foto/Getty Images
JAKARTA - Seorang pria berusia 53 tahun memiliki lebih dari selusin belatung di matanya setelah berkebun . Pria asal Prancis itu datang ke unit gawat darurat dengan keluhan gatal di mata kanannya yang telah dialaminya selama beberapa jam.

Berdasarkan studi kasus yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa sebelumnya pria itu sedang berkebun di dekat peternakan kuda dan domba. Dia kemudian merasakan sesuatu masuk ke mata kanannya.

Dilansir dari Newsweek, Sabtu (16/4/2022) dokter melakukan pemeriksaan mata dan menemukan bahwa pria tersebut memiliki penglihatan 20/20. Tapi mata kanan tampak merah dan iritasi.

Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dokter menemukan lebih dari selusin larva lalat tembus pandang di struktur luar bola mata. Petugas medis bahkan merekam video mata pria itu, yang menunjukkan larva bergerak.





Beruntung, dokter dapat mengeluarkan larva secara manual menggunakan forsep. Larva kemudian diidentifikasi sebagai spesies oestrus ovis, atau dikenal sebagai lalat bot domba. Seekor lalat dari spesies ini kemungkinan telah mendarat di atau di sekitar mata pria itu dan menyimpan larvanya.

Lalat bot domba termasuk dalam keluarga lalat bot yang lebih besar, sekelompok lalat yang penampilannya hampir mirip lebah, menurut Encyclopedia Britannica. Larva lalat ini bersifat parasit pada berbagai jenis mamalia.

Dalam kasus oestrus ovis yang ditemukan di seluruh dunia, lalat menyimpan larva mereka di lubang hidung domba, meskipun inangnya juga dapat mencakup kambing atau ruminansia liar, seperti rusa.

Menurut Institut Ilmu Pangan dan Pertanian Universitas Florida, meskipun larva telah ditemukan pada hewan lain, lalat tidak dapat menyelesaikan siklus hidupnya tanpa disimpan ke dalam hidung domba. Telur-telur itu menetas saat masih berada di dalam lalat betina dan dia akan meletakkan tetesan berisi larva hidup di hidung domba.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More