3 Lauk Kering Simpel untuk Stok Menu Anda yang Sibuk

Senin, 29 Juni 2020 - 17:33 WIB
Berbahan dasar tempe yang digoreng hingga kering dan renyah, menjadikan tempe orek resep praktis untuk stok. Foto/Endeus.TV
JAKARTA - Lauk kering biasanya menjadi santapan praktis yang bisa dijadikan stok makanan, sehingga Anda tidak perlu repot untuk selalu memasak menu baru tiap kali ingin makan. Apalagi jika Anda memiliki jadwal aktivitas padat yang tidak memungkinan untuk memasak, lauk kering bisa menjadi pilihan yang pas.

Beberapa lauk kering seperti tempe kering bisa menjadi makanan stok di rumah. Anda bisa memasaknya dengan satu kali masak dalam porsi banyak dan disimpan secara tepat agar tahan hingga satu bulan. Meskipun menu ini dianggap sederhana, namun akan tetap terasa nikmat apalagi jika disantap bersama nasi hangat. ( )

Berikut beberapa jenis lauk kering yang bisa dijadikan stok di rumah, seperti dikutip dari laman EndeusTV.

1. Tempe Orek Kering

Berbahan dasar tempe yang digoreng hingga kering dan renyah, menjadikan tempe orek kering sebagai resep praktis untuk stok. Setelah tempe digoreng kering, barulah dimasak dengan beragam bumbu pilihan.



Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu tempe orek kering di antaranya cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, gula merah, asam jawa, daun salam, dan garam.

Tumis bumbu dan beri air hingga mengental. Barulah setelah itu masukkan tempe goreng dan masak hingga bumbu meresap sempurna. Untuk penyimpanannya, bisa memanfaatkan toples dan tutup rapat.

2. Kering Teri Kacang

Kering teri kacang juga bisa dijadikan sebagai lauk pilihan yang enak. Teksturnya yang renyah dan rasa gurih dari kacang sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat. Jenis ikan teri yang biasa digunakan adalah teri medan atau teri jengki kecil.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More