Ini Skincare Rutin bagi Laki-Laki agar Kulit Wajah Terawat

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 20:42 WIB
Dokter Michael Lawanto tengah merawat pasien laki-laki di kliniknya. Foto/Istimewa
JAKARTA - Merawat kulit bagi laki-laki penting rutin dilakukan, terlebih oleh mereka yang setiap hari beraktivitas di luar ruangan.

Pentingnya merawat kulit wajah dan memakai skincare bagi laki-laki dibenarkan oleh dr. Michael Lawanto. Dokter Michael mengungkapkan beberapa alasan kenapa kulit wajah laki-laki bisa bermasalah.

“Yang pertama. Laki-laki yang mempunyai kulit wajah bermasalah biasanya malas, acuh tak acuh terhadap wajahnya sendiri sehingga jarang memakai skincare karena mereka nggak terlalu menanggap penting skincare. Padahal laki-laki itu sering berkegiatan di luar, kena sinar matahari, debu, kotoran sehingga timbul jerawat," ungkap dr. Michael.

"Yang kedua, pada saat berjerawat, mereka suka iseng menyentuh area jerawat dengan jari-jari,” tambahnya.

Selanjutnya, dr. Michael Lawanto menceritakan masalah kulit wajah pasien laki-laki yang pernah datang ke klinik miliknya, dr. MF.



Walaupun perbandingan pasien laki-laki dengan perempuan di kliniknya 2:8 atau hanya 20%, namun masalah kulit wajah pada pasien laki-laki yang datang kebanyakan sama.

“Rata-rata, masalah kulit wajah pasien laki-laki yang ditangani klinik dr. MF itu wajahnya bopeng, berjerawat, dan berflek. Masalah itu bisa timbul karena memang masih banyak kaum laki-laki yang lalai merawat kulit," lanjut dr. Michael Lawanto.

Karena masalah ini, dr. Michael memberikan informasi produk skincare yang setidaknya harus digunakan laki-laki. "Laki-laki sebenarnya nggak perlu merawat kulit seintensif perempuan. Namun, laki-laki harus waspada terhadap sinar matahari karena dampak sinar matahari itu sama bahayanya buat laki-laki dan perempuan. Apalagi semakin ke sini, efek sinar UV semakin memburuk," jelas dr. Michael.

"Jadi, selain facial wash, untuk laki-laki kulit normal harus memakai sunblock atau sunscreen setiap hari. Bagi kulit yang sedang berjerawat, laki-laki boleh memakai krim siang, malam, atau serum. Tetap sunblock atau sunscreen yang jadi nomor satu," kata dokter yang juga aktif di Instagram ini.
(tsa)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More