5 Pemeriksaan Penting Suami Istri sebelum Berhubungan Seks

Rabu, 26 Oktober 2022 - 08:50 WIB
Pasangan suami istri hendaknya melakukan lima pemeriksaan sebelum berhubungan seks.Foto/ilustrasi
JAKARTA - Seks menjadi kebutuhan biologis pasangan yang sudah menikah. Sebelum melakukannya, suami istri yang hendak menikah dianjurkan melakukan pemeriksaan demi kesehatan keduanya.

Seperti yang diketahui, infeksi atau penyakit menular seksual menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup berbahaya. Namun, terkadang penderita masalah kesehatan ini justru tidak menampilkan gejala apapun sebelum akhirnya terasa saat sudah parah.

Dilansir dari laman Health Shots, berikut lima pemeriksaan yang perlu dilakukan sebelum berhubungan seks bagi pasangan suami istri.

Baca juga: 5 Sayuran yang Baik untuk Ginjal, Wajib Tahu dan Dicoba di Rumah

1. Gonorrhea



Bagi pasangan suami istri disarankan melakukan skrining Gonorrhea setidaknya sekali dalam setahun. Pasangan seks yang pernah mengalami infeksi menular seksual bisa meningkatkan risiko tertular Gonorrhea yang berlipat. Bagi pasangan yang suka melakukan seks oral/anal, mereka juga harus waspada karena Gonorrhea juga bisa mengakibatkan infeksi pada aktivitas tersebut.

2. HIV

HIV merupakan salah satu penyakit berbahaya yang wajib diwaspadai. CDC merekomendasikan bagi seseorang yang berusia 13 hingga 64 tahun untuk melakukan tes HIV setidaknya sekali.

Menurutnya, sekitar 25 persen kasus HIV ditularkan oleh mereka yang bahkan tidak mengetahui dirinya telah terinfeksi sebelumnya. Maka dari itu, bagi pasangan suami istri terlebih yang baru akan menikah, setidaknya bisa mencoba pemeriksaan HIV demi keamanan dan kenyamanan hidup sehat kedepannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More