Ini Efek Samping Mencampur Susu dengan Kopi

Kamis, 03 November 2022 - 15:30 WIB
Minuman kopi kekinian kerap menambahkan susu sebagai campurannya. Foto Ilustrasi/Livekindly
JAKARTA - Minuman kopi kekinian kerap menambahkan susu sebagai campurannya. Kemampuan susu untuk membuat busa yang stabil menjadikannya bahan favorit di antara barista dan pelanggan.

Ada beberapa komponen yang ditemukan dalam susu yang sebagian besar berkontribusi pada kemampuan tersebut. Dan dari produk yang sama inilah memungkinkan terciptanya banyak produk lain yang ditemukan di pasaran seperti yoghurt, es krim, keju, dan minuman susu.





Dengan rasanya yang gurih dan lezat, banyak minuman yang menjadikan susu sebagai salah satu bahannya, baik sebagai bahan dasar maupun tambahan. Salah satunya adalah kopi susu. Tradisi minum kopi atau teh dengan susu ada di berbagai negara di dunia. Sebut saja kopi tarik ataupun coffee latte.



Lantas, adakah efek samping dari kopi yang dicampur susu?

Selain mengandung kafein, kopi juga mengandung tanin. Tanin adalah antioksidan berjenis polifenol yang berfungsi mencegah atau menetralisir efek radikal bebas yang merusak tubuh. Sedangkan susu mengandung mineral yang kinerjanya akan dipengaruhi oleh tanin, salah satunya zat besi dan kalsium. Tanin akan “mengikat” zat besi sehingga mengganggu proses penyerapannya ke dalam tubuh. Begitu juga dengan kalsium.



Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More