AC Hemat Listrik, Plus Bisa Diakses Lewat Smartphone

Senin, 14 November 2022 - 16:31 WIB
Smart Neuva Pro, AC yang hemat listrik dan bisa diakses lewat smartphone. Foto: Doc. Polytron
Pendingin ruangan atau air conditioner (AC) sudah tak asing lagi digunakan oleh masyarakat Indonesia. Negara tropis tentu sangat membutuhkan AC sebagai penyejuk ruangan dan menghadirkan rasa nyaman di rumah.

Namun, AC seringkali memakan daya listrik, sehingga tagihan listrik di rumah membengkak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih AC yang tepat. Karena membuat ruangan sejuk saja tak cukup tanpa memperhitungkan kualitas AC sesuai kebutuhan Anda dan pastinya hemat listrik.

Berikut cara memilih AC yang tepat dan berkualitas sesuai kebutuhan Anda, simak yuk:

1. Sesuaikan PK AC dengan Besarnya Ruangan

Memilih AC yang tepat diawali dengan menentukan PK yang tepat sesuai besarnya ruangan di rumah Anda. Jika ruangan Anda berukuran sekitar 10 meter persegi, Anda bisa gunakan AC ½ PK.



Tentunya akan sangat membuang energi lebih banyak, jika Anda memilih PK AC yang lebih besar dari ukuran ruangan. Ukuran PK AC yang bisa Anda pilih mulai dari ½ , ¾, 1, 1 ½, dan 2 PK.

2. Pilih Tipe AC yang Dibutuhkan

Berdasarkan tipenya, AC dibagi menjadi dua, yaitu inverter dan non-inverter. Tipe AC inverter banyak memakan daya listrik saat baru dinyalakan, namun lambat laun daya akan turun jika ruangan mulai dingin.

Nah, Anda bisa mempertimbangkan tipe inverter untuk penggunaan AC dalam waktu yang lama, karena tentu saja akan menghemat penggunaan listrik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More