Keunikan Semeru, Gunung Tertinggi di Pulau Jawa yang Baru Saja Alami Erupsi

Minggu, 04 Desember 2022 - 19:00 WIB




Untuk dapat mendaki ke puncak Mahameru diperlukan persiapan fisik dan logistik yang matang, juga pengetahuan pendakian yang memadai. Di puncak Gunung Semeru Anda bisa melihat panorama kawah Jonggring Saloko yang merupakan kawah puncak di Gunung Semeru.

Kawah ini memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 meter di bagian sebelah selatan yang mendobrak tepi kawah sehingga menyebabkan aliran lava menyusuri tepi selatan mengarah ke daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

Berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, gunung ini juga kaya akan vegetasi dan menjadi habitat bagi banyak jenis fauna. Sepanjang perjalanan mendaki, di titik-titik tertentu Anda bisa menemukan bunga edelweiss dan anggrek endemik Semeru.

Tak sampai di situ, Anda juga bisa bermalam dulu di tepian Ranu Kumbolo yang dijuluki surga Gunung Semeru, setelah melakukan setengah perjalanan pendakian. Saat cuaca cerah, gemintang yang tampak dari danau ini seolah bisa direngkuh. Sampai di Kalimati, suguhan view epik puncak Mahameru bisa menjadi penyulut semangat.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More